Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita CiamisPemdes Karangpawitan Minta Dinkes Ciamis Berikan Edukasi Covid-19 Kepada Masyarakat

Pemdes Karangpawitan Minta Dinkes Ciamis Berikan Edukasi Covid-19 Kepada Masyarakat

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pemerintah Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, berharap Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang covid-19, sebelum tiap Desa menyiapkan tempat isolasi untuk para pemudik dari zona merah.

Sebab, stigma virus corona masih menjadi hal yang menakutkan bagi masyarakat. Kepala Desa Karangpawitan, Rosadi mengatakan, Relawan Covid-19 yang ada di Desa, saat ini lebih fokus dalam pencegahan penyebaran covid-19 dan lebih mengutamakan protap pencegahannya saja.

Namun demikian, relawan covid-19 di Desa tidak bisa mememberikan edukasi terkait covid-19 secara gamlang kepada masyarakat. Yang lebih berkompeten tentu dari Dinas terkait, jika disampaikan oleh relawan atau pemerintah desa masyarakat tidak akan mudah mengerti.

“Upaya relawan dalam pencegahan penyebaran covid-19, paling memberikan edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat, mengimbau warga agar selalu menggunakan masker, dan masalah social distancing. Luar dari hal itu para relawan paling melakukan penyemprotan disinsfekstan,” ujar Rosadi, Selasa (29/4/2020).

Kata dia, untuk memberikan edukasi kepada para pemudik, para relawan menganggap itu bukan hal yang mudah. Sebab, stigma virus corona masih menjadi hal yang menakutkan.

Mensikapi hal tersebut, Rosadi berharap agar Dinas terkait bisa terjun langsung kepada warga untuk memberikan edukasi yang jelas dan gamblang.

Sehingga masyarakat maupun para pemudik bisa mengerti, bahwa adanya tempat isolasi yang disediakan oleh Pemerintah Desa tidak membahayakan dan dijamin keamanannya. (Edji/R8/HR Online)

- Advertisment -