Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Diminta Bantu Relawan yang Jaga di Posko Covid-19 Wilayah Perbatasan

Pemkab Ciamis Diminta Bantu Relawan yang Jaga di Posko Covid-19 Wilayah Perbatasan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis diminta untuk membantu relawan yang jaga di posko Covid-19 wilayah perbatasan Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bantuan yang dibutuhkan para relawan yang berjaga di wilayah tersebut adalah petugas Dishub, Polisi, TNI, dan petugas kesehatan.

Hal itu dikatakan anggota DPRD Ciamis, Ohan Hidayat, kepada HR Online, Rabu (08/04/2020), saat melihat posko Covid-19 yang berada di Kecamatan Cihaurbeuti.

Menurutnya, saat ini masih banyak kekurangan terkait fasilitas dan juga bantuan dari Pemkab Ciamis. Jadi, bagi para petugas medis maupun relawan harus turut serta membantu.

“Memang bagi petugas yang ditetapkan menjaga di perbatasan, seperti Dishub dan yang lainnya pasti sudah disiapkan oleh Pemkab Ciamis. Diharapkan pemkab juga bisa memberikan bantuan bagi para relawan yang turut membantu penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ohan mengatakan, baik petugas medis dan juga relawan saat ini bekerjasama di wilayah perbatasan, karena mengamankan dan mendata para pemudik yang masuk ke Ciamis.

Dengan demikian, alangkah baiknya pemerintah juga menyiapkan akomodasi anggaran bagi para relawan tersebut.

“Mudah-mudahan apa yang diharapkan para relawan yang membantu pengamanan, penanganan dan pencegahan virus Corona, bisa mendapatkan dan perlu diperhatikan oleh pihak Pemda Ciamis,” ujarnya.

Saat ini, kata Ohan, daerah perbatasan menjadi sangat rawan dalam penyebaran virus corona. Sebab, warga yang mudik dari zona merah tidak terpantau jika tidak ada petugas pengamanan wilayah.

Sementara, petugas juga terbatas, sehingga harus ada relawan yang membantu. Dengan adanya relawan, tentunya sangat membantu kinerja petugas.

Ohan menyebutkan, di wilayahnya itu terdapat beberapa titik perbatasan yang harus ada penjagaan, seperti Sukamantri-Majalengka, Sukamantri-Cikijing.

Kemudian, Panumbangan-Tasik via Suryalaya, dan Cihaurbeuti-Tasik. Sementara posko yang ada baru di Kecamatan Cihaurbeuti. (es/R3/HR-Online)