Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyakit Paling Mematikan di Dunia Selain Virus Corona

Penyakit Paling Mematikan di Dunia Selain Virus Corona

Tahukah kamu penyakit paling mematikan di dunia? Saat ini, dunia tengah dibuat panik dengan munculnya wabah virus corona atau covid-19. Virus mematikan ini sudah membunuh ribuan orang di berbagai negara, sebut saja Cina dan Italia.

Indonesia pun tak luput dari ancaman virus corona tersebut. Di Indonesia, data orang positif corona hingga Rabu (1/4/2020) mencapai 1.677 orang dan dilaporkan 157 orang meninggal dunia. Karena ancaman virus corona yang begitu masif, pemerintah Indonesia membuat kebijakan lockdown sampai darurat Covid-19 usai.

Virus corona bisa saja menjadi penyakit mematikan di dunia jika tidak segera ditangani. Dilansir dari laman Worldometer, total kasus virus corona di seluruh dunia mencapai 854.608 kasus. Pasien yang sembuh sebanyak 176.908 orang, sedangkan 42.043 orang dinyatakan meninggal dunia.

Selain virus corona, sebenarnya terdapat beberapa penyakit mematikan lainnya yang sangat mengancam nyawa. Data World Health Organization (WHO) pada tahun 2015, menyebut, angka kematian di dunia mencapai 56,9 juta, nah 54 persennya disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu. Itu artinya 30,7 juta orang terbunuh akibat penyakit tertentu.

Lalu apa sajakah penyakit paling mematikan di dunia? Apakah kanker, sakit jantung, diabetes atau yang lainnya? WHO merangkum 10 penyakit mematikan, berikut daftarnya:

Penyakit Paling Mematikan di Dunia yang Harus Anda Waspadai

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit paling mematikan di dunia yang pertama adalah penyakit jantung koroner. Data WHO menyebut, tahun 2015 lalu, 8,8 juta kematian di dunia disebabkan oleh penyakit ini. Sementara mengutip laporan Centers for Disease Control and Prevention, menyebutkan, setiap tahunnya penyakit jantung korones setidaknya membuuh 370 ribu orang.

Penyakit jantung koroner terjadi akibat adanya penyempitan pembuluh darah koroner. Sehingga menyebabkan aliran darah bersih menuju jantung terganggu dan berakibat pada serangan jantung. Agar terhindar dari penyakit tersebut, lakukan pola hidup sehat, makan makanan sehat dan bergizi, dan rutin berolahraga sebagai salah satu upaya pencegahan.

2. Stroke

Selain jantung koroner, stroke juga menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Tahun 2015, setidaknya 6,2 juta orang meninggal akibat penyakit ini.

Stroke terjadi akibat pembuluh arteri pada otak tertutup atau mengalami kebocoran. Selain mematikan, stroke juga bisa membuat kecacatan pada seseorang dengan jangka waktu yang lama.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Bawah

Penyakit paling mematikan di dunia berikutnya yakni infeksi saluran pernapasan bagian bawah. Penyakit ini menyerang paru-paru, bronkus, diafragma pembuluh pulmonalis, dan trakea. Infeksi ini lebih parah daripada infeksi yang menyerang saluran pernapasan bagian atas.

Menurut data WHO, tahun 2015 sekitar 5,7 kematian di seluruh dunia diakibatkan karena infeksi saluran pernapasan bawah seperti pneumonia, tuberkulosis, , bronkitis serta influenza.

4. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

PPOK juga merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. PPOK merupakn penyakit paru-paru yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Penderita dari penyakit ini akan kesulitan bernafas.

Gejalanya lainnya dari PPOK antara lain, terus menerus memproduksi lendir yang berlebihan dalam waktu lama serta mengalami infeksi pernapasan. Data WHO menyebutkan, 5,6 persen kematian di seluruh dunia atau sekitar 3,1 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit ini.

5. Kanker Organ Pernapasan

Penyakit paling mematikan di dunia yang kelima yakni kanker pada organ pernapasan. Biasanya kanker ini menyerang organ trakea, paru-paru, laring dan bronkus. Penyebab utama kanker ini yakni kebiasaan merokok, menghirup asap rokok (meski bukan perokok), dan menghirup racun dari polusi udara.

Dalam studi yang dilaporkan European Review pada tahun 2015, kanker organ pernafasan ini membunuh sedikitnya 4 juta orang di seluruh dunia selama setahun. Korban kebanyakan berasal dari negara berkembang yang memiliki udara buruk.

6. Diabetes

Diabetes atau sakit gula juga menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. WHO melaporkan, 1,6 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2015, disebabkan oleh diabetes.

Penyakit ini diakibatkan karena beberapa faktor mulai dari obesitas, faktor henetis, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya olahraga.

7. Alzheimer

Penyakit ini sering dianggap tidak berbahaya. Namun berdasarkan laporan WHO, penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Tahun 2015 saja, penyakit alzheimer menyebabkan sekitar 1,5 juta orang meninggal di seluruh dunia.

Alzheimer sendiri merupakan penyakit progresif yang biasanya menyerang orang lanjut usia (lansia) dengan gejala kehilangan ingatannya. Alzheimer akan menimbulkan komplikasi lebih lanjut, seperti penyumbatan pembuluh darah, sulit menelan makanan hingga pelemahan sistem imun atau kekebalan tubuh. Kondisi tersebut dialami penderitanya setelah menderita alzheimer selama satu atau dua tahun.

8. Diare

Penyakit diare ini kerap diremehkan. Padahal, penyakit ini termasuk penyakit paling mematikan di dunia. WHO melaporkan 2,5 persen atau sekitar 1,4 juta kematian di seluruh dunia disebabkan oleh diare.

Sakit diare bisa dialami siapa saja tanpa mengenal usia, baik anak-anak, remaja bahkan orang tua. Penyakit diare dianggap mematikan jika tidak segera ditangani, karena bisa mengakibatkan dehidrasi.

9. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TB juga masuk dalam daftar penyakit paling mematikan di dunia. TB merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat infeksi pernapasan bawah yang diakibatkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Ketika kita menghirup bakteri tersebut, maka paru-paru kita akan langsung terinfeksi.

WHO melaporkan, tuberkulosis menyebabkan 1,3 juta kematian di seluruh dunia selama tahun 2015 atau sekitar 1,5 persen. Angka ini lebih menurun ktimbang tahun 2000an, namun angka kasusnya masih terbilang cukup tinggi.

10. Sirosis

Sirosis merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan jaringan kronis pada hati dalam jangka waktu yang lama. Faktor yang menyebabkan penyakit ini antara lain gaya hidup yang tidak sehat, hepatitis, kecanduan alkohol hingga penggunaan narkoba.

Hati berfungsi menyaring zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Jika banyak racun yang masuk pada tubuh, maka hati akan bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati. Penyakit ini telah membunuh sekitar 1,2 juta orang di seluruh dunia selama tahun 2015 berdasarkan data dari WHO.

Nah itulah beberapa penyakit paling mematikan di dunia yang bisa kami sampaikan. Mulai saar ini, ubah pola hidup anda lebih sehat lagi, makan makanan sehat, rajin olahraga dan jaga kebersihan lingkungan. Hal ini mesti dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan agar anda tidak terserang penyakit mematikan di atas. Semoga bermanfaat, terimakasih. (Jujang/R8/HR Online)