Penyebab Dinosaurus Punah dan Sejarahnya

Penyebab Dinosaurus Punah dan Sejarahnya

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Penyebab Dinosaurus Punah dan Sejarahnya. Semua orang pastinya tahu bahwa dinosaurus telah punah dan populasinya tidak ada lagi sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Populasi dari dinosaurus yang terbilang tidak sedikit memang bisa menguasai seluruh dunia. Namun hingga saat ini dinosaurus hanya bisa ditemukan dalam sejarah.

Berikut terdapat beberapa penyebab dinosaurus punah serta kilas balik akan sejarahnya;

Sejarah Dinosaurus

Dinosaurus diperkirakan telah muncul atau berkembang pada era periode Trias yang dapat ditemukan sekitar 230 juta tahun yang lalu.

Beberapa hewan purbakala dinosaurus memiliki bentuk dan golongan sendiri-sendiri. Namun dari berbagai bentuk dinosaurus tersebut, terdapat beberapa golongan yang memiliki konsep kekeluargaan atau bertahan hidup secara berkelompok.

Seiring dengan berjalannya waktu, masa dari dinosaurus akhirnya punah dan tidak bisa ditemukan kembali.

Hal itu dapat diperkirakan sekitar 65 juta tahun yang lalu atau memasuki periode kapur. Keberadaan dinosaurus juga diperkirakan terjadi sebelum era mesozoikum.

Oleh sebab itu, hingga saat ini kita tidak bisa melihat secara langsung bentuk dan perkembangan dari dinosaurus.

Perubahan Iklim Ekstrim

Perubahan iklim yang ekstrim menjadi salah satu penyebab dinosaurus punah. Dinosaurus menjadi salah satu makhluk hidup yang tidak bisa beradaptasi dengan cuaca atau iklim yang sangat ekstrem.

Terlebih lagi perubahan suhu pada bumi sekitar masa-masa tersebut memang sangat ekstrem dan menjadikan dinosaurus tidak mampu mengatasinya.

Hingga saat ini, seiring dengan berjalannya waktu kondisi di bumi atau iklim mengacu pada suhu yang dingin. Sehingga saat itu hewan mamalia tidak dapat beradaptasi atau berkembang biak dengan cuaca yang ekstrem.

Hal seperti ini yang menjadi salah satu penyebab kenapa dinosaurus bisa punah, yakni dikarenakan perubahan iklim yang sangat ekstrem membuat populasi menurun secara drastis.

Hujan Meteor dan Asteroid

Banyak yang mengulas tentang penyebab dari dinosaurus punah, salah satunya hujan meteor dan asteroid.

Semua orang tidak bisa membayangkan, pada masa tersebut hujan meteor dan asteroid memang sangat mengerikan.

Kondisi ini membuat bumi menjadi panas, karena hampir seluruh permukaan bumi terasa panas karena jatuhnya meteor.

Dengan permukaan bumi yang panas serta perubahan suhu semakin tinggi, membuat dinosaurus tidak bisa berkembang dengan baik.

Selain itu dinosaurus juga tidak bisa menemukan makanan serta minuman yang dapat dikonsumsi dengan baik.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyebab yang satu ini adalah penyebab utama atau akhir yang menjadikan dinosaurus punah hingga sekarang ini.

Dan penyebab dinosaurus punah yang lainnya adalah tidak bisanya berkembang setelah bencana besar terjadi.

Bencana besar disini dapat diartikan dengan meletusnya gunung-gunung berapi di berbagai belahan dunia.

Sehingga masalah tersebut menjadi masa-masa tersulit bagi dinosaurus. Mereka yang hidup di darat tidak bisa melanjutkan populasi hingga akhirnya punah. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...