Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaArtikelPenyebab Terpapar Covid-19 yang Perlu untuk Diwaspadai

Penyebab Terpapar Covid-19 yang Perlu untuk Diwaspadai

Hingga saat ini penyebab terpapar Covid-19 masih menjadi perbincangan yang hangat di kalangan khalayak ramai. Bagaimana tidak? Berbagai wilayah di belahan dunia sedang menghadapi permasalahan yang sama yaitu pandemi virus Corona.

Kemunculan virus Corona ini seakan sudah menjadi hal yang familiar di lingkungan kita, mengingat hingga saat ini jumlah korban yang terinfeksi semakin bertambah banyak. 

Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-Cov 2) atau yang lebih kita kenal dengan sebutan virus Corona merupakan virus yang dapat menular ke manusia dan menyerang sistem pernafasan.

Ketika seseorang berhasil terinfeksi virus ini, maka dapat mengalami berbagai gangguan pada sistem pernafasannya, pneumonia akut, dan yang paling mengerikan adalah mengakibatkan kematian.

Penyebab Terpapar Covid-19

Penyebaran virus Corona yang terbilang sangat cepat ini dapat menjangkit siapa saja yang ditemuinya. Dengan kata lain, baik pria maupun wanita, anak-anak hingga lanjut usia, dapat dengan sangat mudah terpapar virus Corona ini.

Berbagai pemberitaan maupun dilihat dari literatur yang ada, telah diungkapkan bahwa virus Corona Covid-19 ini sangat berdampak besar terhadap kalangan berusia lanjut. 

Meskipun demikian, sebagai anak muda tak boleh merasa tenang begitu saja dengan adanya pernyataan tersebut. Bukan berarti juga setiap anak muda dapat terbebas dari serangan virus Corona ini.

Selain itu, penyebab terpapar Covid-19 ini juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Setiap orang mempunyai resiko terpapar virus Corona.

Akan tetapi, resiko terpaparnya virus Corona juga dipengaruhi oleh minimal tiga faktor utama. Agar kita semakin waspada dengan penyebaran virus Corona, berikut ini akan kami sampaikan faktor penyebabnya.

Banyaknya Jumlah Virus Corona yang Masuk ke Dalam Tubuh

Menurut WHO atau Badan Kesehatan Dunia serta didukung dengan beberapa penelitian, menyebutkan bahwa anak-anak muda juga rentan terpapar virus Corona.

Hal tersebut yang kemudian membuat kita semakin yakin bahwa virus Corona ini dapat menyerang di hampir seluruh kalangan usia tanpa pandang bulu maupun latar belakang. 

Walaupun mereka yang berusia di atas 50 tahun memiliki kemungkinan yang paling rentan, kalangan anak muda juga harus tetap waspada akan adanya paparan virus ini.

Pada kenyataannya, penyebab terpapar Covid-19 juga dipengaruhi oleh dosis dari virus itu sendiri. Semakin banyak virus Corona yang berhasil masuk ke dalam tubuh kita, maka seseorang tersebut akan memiliki resiko yang lebih besar terpapar dan terinfeksi virus Corona.

Situasi dan keadaan semacam ini sangat rentan dialami oleh para tenaga medis. Dimana mereka yang menangani pasien terpapar virus Corona secara langsung dan dalam jumlah yang banyak setiap harinya.

Virulensi atau Tingkat Keganasan Virus Corona

Penyebab terpapar Corona juga dipengaruhi oleh adanya virulensi atau tingkat keganasan virus tersebut.

Seorang profesor Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman memberikan pernyataan bahwa tidak melihat adanya suatu perubahan secara drastis terkait virulensi atau keganasan dalam virus penyebab terpapar Covid-19 tersebut.

Sedangkan untuk pengertian virulensi sendiri merupakan derajat kemampuan suatu patogen oportunistik dalam menyebabkan penyakit.

Sistem Imun atau Kekebalan Tubuh Seseorang

Penyebab terpapar Corona selanjutnya adalah dari segi sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang. Jika seseorang memiliki kekebalan tubuh yang bagus, maka resiko terpapar dan terinfeksi virus Corona akan kecil terjadi.

Sebaliknya, jika sistem imun yang dimiliki oleh tubuh seseorang sedang tidak baik, maka akan mudah terpapar virus tersebut.

Maka dari itu, salah satu tindakan yang dapat kita lakukan untuk menghindari penyebab terpapar Covid-19 yaitu harus selalu menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

Diagnosa Virus Corona

Untuk mengetahui apakah seseorang terpapar virus Corona atau tidak, maka dapat dilihat dari beberapa parameter. Satu diantaranya adalah melihat dari gejala terinfeksi yang ditunjukkan.

Selain itu, agar memberikan kepastian diagnosa virus Corona tersebut, maka akan dilakukan berbagai pemeriksaan lanjutan.

Seperti uji sampel darah, tes usap tenggorokan guna meneliti sampel dahak atau disebut juga tes PCR, serta adanya rontgen dada untuk mendeteksi adanya infiltrat atau cairan di dalam paru-paru.

Itulah penjelasan terkait penyebab terpapar Covid-19 yang dapat kita ketahui. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan teratur, rajin berolahraga, serta istirahat yang cukup. (R10/HR-Online)