Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarPetugas dan Pejabat Lintas Sektor di Kota Banjar Lakukan Rapid Diagnostic Test...

Petugas dan Pejabat Lintas Sektor di Kota Banjar Lakukan Rapid Diagnostic Test Covid-19

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melaksanakan Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19 terhadap para pejabat publik lintas sektor di halaman Banjar Convension Hall (BCH), Selasa (14/04/2020).

Rapid Test Diagnostic tersebut dilakukan untuk mendeteksi kesehatan para petugas dan pejabat lintas sektor yang biasa berhubungan langsung dengan masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Banjar, Budi Hendrawan, mengatakan, rapid test ini dilakukan untuk kategori B yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Danramil, Satpol PP, pegawai terminal, Dishub, BPBD, dan PMI.

“Rencananya berlangsung tiga hari, dimulai dari hari Selasa, 14 April sampai Kamis, 15 April dengan kuota alat test yang tersedia sebanyak 300 unit,” kata Budi, kepada awak media.

Ia juga menyebutkan, untuk hasil rapid test bisa dilihat 15 menit setelah pemeriksaan, dan hasilnya akan langsung dikirim melalui pimpinan lembaga masing-masing setelah selesai rekap.

Dikonfirmasi mengenai rapid test bagi para ASN, ia menambahkan, ke depan direncanakan untuk ASN juga akan dilakukan. Namun, saat ini memprioritaskan dulu bagi mereka yang melakukan interaksi dengan masyarakat, mengingat keterbatasan alat.

“Sementara ini untuk ASN memang belum ada, masih menunggu program lanjutan dari pemerintah provinsi,” ujarnya.

Pihaknya berharap, melalui rapid test ini bisa melakukan pendeteksian lebih cepat, sehingga lebih mudah dalam memutus mata rantai persebaran virus Covid-19, serta memberikan edukasi kepada masyarakat yang mendapat pemeriksaan.

“Semoga bisa memudahkan kita dalam melakukan upaya pencegahan virus Covid-19 di Kota Banjar,” pungkas Budi. (Muhlisin/Koran-HR)