Ponsel Gaming Murah dari Honor yang Baru Dirilis, Ini Daftarnya

Ponsel Gaming Murah Honor Play 4T
Ponsel Gaming Murah Honor Play 4T dan 4T Pro. Foto : GSM Arena

Ponsel gaming murah sekarang ini menjadi buruan banyak orang. Sebab, tidak sedikit yang ingin memiliki ponsel gaming tapi terbentur dengan anggaran yang dimiliki.

Selain itu, saat ini sering dimainkan kompetisi atau kejuaraan game mobile. Sehingga itulah yang memacu orang untuk ingin memiliki smartphone gaming.

Memang sangat jarang HP khusus gaming yang dibanderol murah. Pasalnya, untuk memainkan game terlebih kelas berat, seperti Free Fire atau Call of Duty, speknya harus mumpuni.

Namun jangan khawatir, sebab sekarang ini perusahaan smartphone tahu betul apa yang diinginkan konsumen, khususnya dari Indonesia.

Berbagai vendor smartphone itu tidak sedikit yang merilis ponsel gaming murah. Meski memang untuk memainkan game online kelas berat harus dirubah settingannyam agar tidak menemui kendala.

Salah satu vendor tersebut yaitu Honor yang merupakan sub brand dari Huawei asal Tiongkok.

Belum lama ini, Honor meluncurkan duo smartphone terbaru yang memang sengaja dibuat untuk para gamer mania, tapi dibanderol ramah di kantong.

Kedua HP Honor itu antara lain Honor Play 4T dan Play 4T Pro. Namun duo Honor itu masih dipasarkan di negara asalnya.

Tidak seperti RedMagic dari Nubia atau ROG Phone series dari Asus yang memang difokuskan untuk smartphone gaming, namun dijual dengan harga mahal.

Nah, untuk dua seri Play besutan Honor itu, dari awal memang difokuskan untuk ponsel gaming murah.

Seri Play besutan Honor yang pertama kali dirilis adalah pada Agustus tahun 2018. HP ini dibekali dengan otak Kirin 970 buatan Huawei, dan berdesain bodi metal.

Ponsel Gaming Murah Honor Play 4T

Sebagai smartphone gaming tentu dalam spesifikasinya harus betul-betul mumpuni. Supaya saat bermain game tidak menemui kendala.

Salah satu elemen terpenting sebagai HP gaming adalah pada bagian dapur pacu. Mengutip dari GSM Arena, untuk Honor Play 4T menggunakan chip Kirin 710A (12 nm).

Bagian CPU berprosesor Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53), dan GPU memakai Mali-G51 MP4.

Sedangkan sebagai pendukung performa dibekali dengan RAM berkapasitas 6 GB, serta penyimpanan internal 128 GB.

Honor Play 4T yang merupakan ponsel gaming murah ini juga dibenamkan baterai berkapasitas 4000 mAh. Ditambah dulungan pengisian ulang atau charging 10W.

Faktor penting lainnya yaitu pada bagian layar. Untuk seri ini memiliki ukuran 6,39 inci, beresolusi 720 x 1560 piksel, dan aspek rasio 19.5:9.

Sementara spek pendukung lainnya, Honor Play 4T pada sektor fotografi dipasang dual kamera di bodi belakang.

Kedua kamera belakang itu masing-masing 48 MP bukaan f/1.8 sebagai wide, dan kamera 2 MP bukaan f/2.4 untuk sensor kedalaman.

Bagaimana dengan kamera depan? HP terbaru besutan Honor ini dipasang kamera selfie beresolusi 8 MP, yang diletakkan pada lubang kecil di sebelah kiri atas.

Untuk fitur yang dibawa antara lain OS berbasis Android 10.0 (AOSP + HMS), dan menjalankan antarmuka Magic UI 3.1.

Ukuran dimensi secara keseluruhan mencapai 159.8 x 76.1 x 8.1 mm, dengan bobot ponsel hanya 176 gram saja.

Sensor keamanan atau untuk membuka kunci HP menggunakan sidik jari yang dipasang di bodi belakang. Sedangkan warna yang tersedia adalah hitam, biru dan hijau.

Honor Play 4T Pro

Sebagai ponsel gaming murah, untuk HP Honor Play 4T Pro dalam hal speknya lebih baik dari versi regulernya.

Dengan menggunakan panel OLED dan resolusi 1080 x 2400 (FHD+) serta aspek rasio 20:9, layar dari seri Play 4T Pro berukuran 6,3 inci.

Berbeda dengan HP Honor Play 4T reguler, untuk versi Pro ini memiliki notch model waterdrop yang digunakan untuk menyimpan kamera selfie.

Selain itu, jika versi reguler menggunakan sidik jari di bodi belakang, maka Play 4T Pro ini fingerprint-nya dibenamkan di dalam layar.

Ponsel gaming murah HP Honor Play 4T Pro memiliki tampilan dengan yang jauh lebih elegan, dengan memakai bahan kaca yang di kedua sisinya melengkung.

Sementara di sektor dapur pacu yang sangat penting sebagai HP gaming, seri ini dipasang otak dengan menggunakan chip HiSilicon Kirin 810 (7 nm), yang sejajar dengan Snapdragon 730.

Otaknya itu ditopang oleh CPU Octa-core (2×2.27 GHz Cortex-A76 & 6×1.88 GHz Cortex-A55), serta GPU atau grafis Mali-G52 MP6.

Sedangkan pendukung performa smartphone ini dipasang RAM berkapasitas 6 GB dan 8 GB, yang disandingkan dengan internal memori 128 GB.

Bagian baterai sama berkapasitas 4000 mAh, namun yang membedakan adalah Honor Play 4T Pro ini sudah dilengkapi dengan Fast charging 22.5W.

Sementara di sektor kamera belakang dipasang triple lens (3 lensa), yang masing-masing 48 MP sebagai sensor utama (wide), lensa ultrawide 8 MP, dan 2 MP efek bokeh.

Adapun lebih baik dari versi reguler. Ponsel gaming murah Honor Play

4T Pro memiliki kamera selfie berkekuatan 16 MP bukaan f/2.0 (wide).

Untuk dimensi berukuran 157.4 x 73.2 x 7.8 mm dengan berat 165 gram. OS berbasis Android 10.0 (AOSP + HMS), serta antamuka Magic UI 2.1

Harga

Sementara harga dari Honor Play 4T yang tersedia 14 APril 2020 itu, dijual CNY 1199 atau kurang lebih Rp 2,6 jutaan.

Sedangkan ponsel gaming murah Play 4T Pro dilego CNY 1499 atau sekitar Rp 3,3 jutaan varian 6/128 GB, dan CNY 1699 atau kisaran Rp 3,8 jutaan varian 8/128GB. (Adi/R5/HR-Online)