Potret Pillars of Creation Terbaru Berhasil Dirilis Nasa dari Teleskop Hubble

potret pillars of creation terbaru
Potret pillars of creation terbaru. Foto: Ist/Net

Potret Pillars of Creation terbaru berhasil ditangkap teleskop luar angkasa, Hubble. Foto baru ini telah dirilis oleh NASA baru-baru ini.

Di dalam gambar yang berhasil ditangkap oleh Hubble, pilar-pilar tersebut tampak dalam cahaya inframerah dan melalui debu serta gas.

Potret ini mengungkap pandangan asing mengenai keajaiban kosmik. Di dalam pandangan halus ini nampak semua bingkai telah dibumbui dengan berbagai macam bintang cerah dan bintang bayi.

Anda semua pastinya penasaran seperti apa wujud dari Pillar of Creation terbaru yang berhasil ditangkap oleh Hubble ini. Daripada anda penasaran, lebih baik anda simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Gambaran Potret Pillars of Creation Terbaru

Penjelasan mengenai Pillar of Creation terbaru telah disampaikan oleh NASA. NASA menjelaskan secara detail seperti apa gambaran yang dihasilkan oleh kamera Hubble di ruang angkasa tersebut.

Wujud ini terungkap dan terbentuk di dalam pilar itu sendiri. Garis-garis remang pilar terlihat jauh lebih luas. Sementara  itu tercipta siluet terhadap kabut biru yang menimbulkan kesan menakutkan.

Gambaran inilah yang dijelaskan oleh NASA mengenai potret Pillars of Creation terbaru yang dirilisnya. Sampai saat ini tampaknya Hubble masih menjadi teleskop andalan bagi NASA.

Sebelumnya juga sempat dilaporkan bahwa akan ada penerus teleskop Hubble yaitu James Webb Space Telescope. Bahkan rencananya James Webb ini akan diluncurkan tahun depan.

Informasi terbaru, saat ini NASA sudah berhasil memasang cermin raksasa di bagian body James Webb Space Telescope. Sementara itu, teleskop luar angkasa masa depan ini juga sudah diuji untuk pertama kalinya.

Tugas yang akan dilakukan oleh James Webb sendiri adalah menyelidiki berbagai macam benda langit dan juga Tata Surya lain. Proses pembuatan teleskop luar angkasa yang sangat rumit ini membuatnya menjadi diundur dari waktu peluncurannya.

Sekilas Tentang Pillar of Creation

Sebenarnya selain potret Pillars of Creation terbaru, ada Pillar of Creation lain sebelumnya. Pengertian Pillar of Creation sendiri adalah sebuah monumen indah dan menghiasi angkasa.

Dulu sempat disebutkan bahwa pilar dengan ketinggian 4 tahun cahaya berada di Eagle Nebula, tepatnya 7000 tahun cahaya dari planet Bumi.

Keindahan dan juga keajaiban Pillar of Creation menjadikannya sebagai salah satu foto ikonik yang sudah pernah diambil teleskop Hubble sejak 1994.

Bahkan beberapa tahun lalu, astronom NASA juga telah merilis versinya yang lebih besar, tajam dan jelas. Gambar yang dirilis memiliki jarak hampir selama dua dekade dari foto pertama.

Hal ini tentu mengingatkan kita kembali akan besar dan indahnya alam semesta ini. Meski memang pilar ini tak lagi eksis. Sebab mereka sudah hancur lebih dari ratusan tahun lalu.

Namun munculnya potret Pillars of Creation terbaru ini membuat kita bisa melihat kembali seperti apa indahnya keajaiban kosmik  yang tersimpan di luar angkasa. Teleskop Hubble kembali menangkap gambar tentang Pillar of Creation tersebut.

Kecanggihan Teleskop Hubble yang Menangkap Gambar Pillar Of Creation

Teleskop Hubble merupakan sebuah teleskop tercanggih yang ada di dunia. Letaknya berada di dalam orbit Bumi dan bertugas untuk menerima informasi tentang keadaan di luar angkasa.

Sebagian besar objek dan juga berbagai kejadian di luar angkasa bisa terpantau dari Bumi karena kecanggihan teleskop ini.

Hubble menjadi teleskop yang berhasil mengajar dan juga menginspirasi banyak orang dengan semua informasi yang diberikan. Khususnya jepretan foto yang banyak digunakan oleh banyak sekali buku ilmu pengetahuan.

Seperti yang dilakukan baru-baru ini. Hubble berhasil mengambil potret Pillars of Creation terbaru yang membuat kita bisa mempelajarinya lebih lanjut.

Hubble ini memiliki kemampuan untuk melihat galaksi bahkan yang terjauh yang ada di alam semesta sekalipun. Dengan demikian, diharapkan agar para ilmuwan bisa memprediksi apa yang terjadi di alam semesta miliaran tahun lalu.

Sampai saat ini ahli astronomi dan para ilmuwan masih merasa yakin bahwa Hubble bisa digunakan beberapa waktu yang sangat lama. Paling tidak, diharapkan agar Hubble bisa beroperasi tanpa kendala hingga tahun yang akan datang.

Bukti kinerja Hubble yang masih bagus diwujudkan dengan kemampuannya menangkap foto Pillars of Creation yang terjadi baru-baru ini.

Dengan begitu, NASA bisa merilis dan menginformasikan potret Pillars of Creation terbaru kepada seluruh dunia tentang keajaiban kosmik yang terjadi di luar angkasa ini berkat Hubble. (R10/HR-Online)