Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaArtikelRagam Metode Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan

Ragam Metode Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan

Mengkhatamkan Al-Qur’an adalah hal didambakan sebagian orang muslim di bulan Ramadan. Mengkhatamkan kitab suci ini bukanlah suatu hal yang mudah lantaran banyak sekali godaan saat akan membacanya.

Untuk menghilangkan rasa malas dalam membaca Al Qur’an tiada lain dengan niat yang sungguh-sungguh untuk membacanya hingga selesai, apalagi di bulan suci yang penuh rahmat dan ampunan dari Alloh SWT.  

Metode Mengkhatamkan Al-Qur’an

Bagi Anda yang ingin menyelesaikan membaca Al Qur’an di bulan ramadan ini, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

Satu Hari Satu Juz

Metode satu hari satu juz menjadi metode yang biasa digunakan kebanyakan orang  untuk membaca Al-Qur’an pada bulan Ramadan. Apalagi jumlah juz Al Qur’an dapat dibagi dengan waktu puasa yang berjumlah 30 hari.

Agar bisa menyelesaikan satu hari satu juz, mulailah dengan membaca 2 lembar sehabis salat fardu. Pasalnya, rata-rata 1 juz dalam Al Qur’an rata-rata sebanyak 10 lembar.

Maka dari itu, ketika Anda membaca 2 lembar setiap selesai salat, maka dalam satu hari bisa mencapai 1 juz.

Metode mengkhatamkan Al Qur’an ini adalah metode paling mudah jika mempunyai target satu bulan selesai.

Usai Salat Fardu Satu Juz

Metode yang satu ini bisa Anda lakukan jika ingin menyelesaikan membaca Al Qur’an selama 1 bulan ramadan khatam 5 kali. Setelah selesai salat rutin menyelesaikan 1 juz, maka Anda dapat selesai membaca Al Qur’an 6 hari sekali.

Fami Bi Syauqin

Metode Fami Bi Syauqin adalah metode mengkhatamkan Al Qur’an yang diwariskan oleh Nabi Muhamad Saw dan menjadi kebiasaan para sahabat dan salaf as-shalih setelahnya.

Metode ini yaitu dengan membagi Al-Qur’an menjadi 7 manzil atau batasan. 7 batasan tersebut akan menjadi tempat berhenti dan memulai membaca Al-Qur’an, sehingga dengan metode ini akan mampu mengkhatamkan Al-Qur’an satu minggu sekali.

Batasan ini bukanlah  juz Al-Qur’an yang menjadi patokan, tetapi per surat dalam Al-Qur’an.  Anda bisa memulai pada hari pertama dengan membaca surat Al-Fatihah hingga An-Nisa.

Hari kedua membaca surat Al-Maidah sampai surat At-Taubah, lalu hari ketiga membaca surat Yunus sampai surat An-Nahl, dan hari keempat membaca surat Al-Isra sampai surat Al-Furqon.

Hari kelima membaca surat Asy-Syu’ara’ sampai surat Yasin, lalu hari keenam membaca surat Ash-Shafat sampai surat Al-Hujarat. Pada hari ketujuh membaca Surat Qaf sampai Surat An-Nas. Dengan metode mengkhatamkan Al Qur’an ini, Anda bisa menyelesaikan dalam waktu 1 minggu.

Satu Hari Satu Khataman

Satu hari satu khataman biasanya dilakukan oleh para penghafal Al-Qur’an. Metode ini untuk melatih diri terbiasa dengan Al-Qur’an dan akan mempermudah mengucapkan bacaan yang sulit dalam Al-Qur’an.

Banyak cara yang digunakan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an dari mulai yang biasa hingga tersulit dan sebaiknya memilih metode yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -