Respon Cepat Warga Tak Terima Bantuan, Muspika Cipaku Ciamis Kunjungi Ma’ah

Muspika Cipaku
Camat Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mengunjungi Ma'ah, warga tak mampu yang tak mendapatkan bantuan. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kabar seorang warga Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, yang tidak mendapatkan bantuan direspon cepat oleh Muspika Kecamatan Cipaku.

Camat Cipaku, Yayan, bahkan langsung terjun ke rumah Ma’ah, warga tak mampu yang tidak mendapat bantuan, Rabu (1/4/2020).

Camat Cipaku didampingi Danramil Kecamatan Cipaku, Kepala Desa Ciakar, Petugas TSK dan PKH dari Kecamatan Cipaku berkunjung ke rumah Ma’ah.

“Kami hanya ingin mengetahui secara langsung tentang kebenaran bahwa di desa Ciakar ada warga miskin selama 4 tahun tidak mendapatkan bantuan sosial apapun gegara Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ditarik oleh RT,” ungkap Yayan.

Lanjut Yayan, setelah dilakukan croscek secara langsung, ternyata Ma’ah bukan Keluarga penerima manfaat dari program sembako, juga bukan sebagai KPM dari Program Keluarga Harapan (PKH), akan tetapi sudah masuk pada list BDT.

“Kewenangan untuk mendapatkan bantuan program pemerintah merupakan kewenangan Pemerintah Pusat. Sementara pihak desa sudah memasukan data ke dalam aplikasi Siks-NG,” terang Yayan.

Yayan berharap bantuan untuk Ma’ah segera terealisasi karena Ma’ah memang merupakan warga berpenghasilan rendah yang layak mendapat bantuan.

“Mudah mudahan saja dalam waktu dekat bisa terealisasi. Sebab, Ma’ah betul betul warga berpenghasilan rendah yang layak untuk mendapatkan bantuan sosial,” ungkapnya.

Saat ini, kata Yayan, Maah hanya mendapatkan bantuan sosial berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS). Sementara KKS yang dimiliki Maah, bukan kartu combo untuk BPNT atau program sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Kartu KKS yang ditarik oleh RT memang betul-betul tidak berlaku, dan tidak dapat dipergunakan untuk pencairan bantuan sosial apapun. Bahkan, Kartu KKS seperti yang dimiliki Maah sempat disuruh ditarik untuk dimusnahkan,” jelas Yayan.

Baca Juga: Warga Ciamis Ini Tak Pernah Terima Bantuan Gegara Kartu KKS-nya Diambil Oknum RT

Sebelumnya diberitakan, KKS milik Ma’ah ditarik RT. Sejak saat itu Ma’ah tidak menerima bantuan. Rupanya KKS tersebut sudah tidak berlaku lagi sehingga ditarik oleh pihak RT. (Edji/R7/HR-Online) 

Loading...