Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita PangandaranRestoran dan Hotel di Pangandaran Pilih Tutup Sementara

Restoran dan Hotel di Pangandaran Pilih Tutup Sementara

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dampak dari penutupan seluruh obyek wisata di Kabupaten Pangandaran sampai 14 April 2020 mendatang, sebagian besar pedagang yang ada di kawasan obyek wisata memilih untuk tutup sementara, termasuk restoran dan hotel di Pangandaran.

Adang salah seorang pegawai rumah makan di Pangandaran, mengatakan, sejak Pemkab Pangandaran mengumumkan penutupan obyek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran, restoran tempatnya bekerja juga tutup.

“Sejak ditutup, tak satupun wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran, yang ada hanya aktifitas warga dan nelayan saja,” ungkap Adang, Jum’at (3/4/2020).

Menurut Adang, akibat penutupan obyek wisata di Pangandaran, restoran merugi besar. Namun, dia memaklumi kebijakan yang diambil oleh Pemkab Pangandaran.

“Ya jika itung-itungan sih kami merugi besar, namun situasinya seperti ini dan apa yang dibuat dan diambil oleh pihak Pemkab Pangandaran tentang penutupan obyek wisata merupakan kebaikan untuk semuanya,” terang Adang.

Lantaran obyek wisata di Pangandaran ditutup, maka restoran pun juga ditutup dan akan dibuka kembali saat obyek wisata di Pangandaran dibuka kembali.

“Jadi kami pun ikut tutup sementara dan kami akan kembali buka lagi setelah pihak Pemkab Pangandaran kembali membuka obyek wisata,” katanya 

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang manajer di salah satu hotel yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Dia  mengaku saat ini sebagian karyawannya sementara waktu dirumahkan dulu dan akan dipanggil kembali saat obyek wisata di Pangandaran dibuka kembali.

“Nanti jika obyek wisata kembali dibuka untuk umum, mereka karyawan kami yang saat ini dirumahkan akan kembali ditarik untuk bekerja sebagaimana biasanya,” terangnya.

Asep menambahkan, meskipun merugi, namun dirinya juga memaklumi situasi saat ini.

Sementara itu, di kawasan obyek wisata yang ada di Pantai Barat ataupun Timur Pangandaran sebagian besar hotel dan restoran memilih tutup untuk sementara waktu, sambil menunggu dibuka kembali oleh pemerintah. (Entang/R7/HR-Online)