Ruang Makan Terbuka dengan Taman Bernuansa Alam yang Nyaman

Ruang Makan Terbuka dengan Taman Bernuansa Alam yang Nyaman
Ruang makan terbuka dengan taman bernuansa alam yang nyaman. Foto:Ist/Net

Ruang makan terbuka dengan taman ini sering menjadi pilihan pada hunian minimalis. Salah satu alasannya adalah karena desain ini terkesan lebih luas dan tidak sesak.

Rumah minimalis memang unik dan sederhana. Hal ini juga berpengaruh pada ruangan yang berukuran minimalis. Seperti ruang makan dan ruang keluarga.

Namun ruangan yang minimalis dapat didesain ulang agar lebih menarik dan lapang. Salah satunya adalah dengan cara mengintegrasikan dengan ruangan lain. Seperti integrasi ruang makan dan dapur.

Desain Ruang Makan Terbuka Dengan Taman

Hunian yang minimalis terkadang membuat penghuninya tidak nyaman. Hal ini dikarenakan ada beberapa ruangan yang terkesan sempit dan sesak. Aktivitas pun terganggu sehingga tidak akan nyaman.

Seperti halnya di ruang makan yang minimalis. Makan bersama dengan keluarga menjadi tidak nyaman. Terlebih lagi jika jumlah keluarga tidak sedikit.

Apalagi jika nantinya ada tamu yang berkunjung dan makan bersama. Tentu saja suasananya menjadi tidak kondusif karena ruangan yang minimalis.

Salah satu desain yang bisa digunakan adalah ruang makan terbuka dengan taman. Konsep ini bisa menjadi solusi untuk membuat ruang makan lebih luas.

Terkadang ruang makan juga telah diintegrasikan dengan dapur. Akan lebih baik jika dibuat terbuka dengan taman agar suasana lebih nyaman.

Ruang makan yang terbuka membuat ukurannya lebih luas. Biasanya ruang makan terbuka ini berada di bagian belakang.

Sehingga diintegrasikan dengan halaman belakang. Berikut ini beberapa desain ruang makan terbuka dengan taman.

1. Desain Ruang Makan Mini Bar di Samping Taman

Ruang makan dengan desain terbuka akan membuat suasananya lebih nyaman. Ruang makan yang minimalis bisa didesain layaknya bar yang berukuran mini. Agar lebih detail, maka bisa ditambahkan dua kursi kayu yang berukuran mini.

Desain ruang makan mini bar ini menghadap langsung pada taman. Sehingga tidak ada sekat antara dapur dengan taman yang ada di belakang rumah. Suasana makan pun akan semakin nyaman apalagi dengan nuansa alamnya.

2. Desain Ruang Makan Gaya Rustic yang Menyatu Dengan Taman

Biasanya ruang makan sudah diintegrasikan dengan dapur. Namun ukurannya masih tetap minimalis bahkan semakin sempit. Menyatukan taman minimalis di dalam rumah dengan ruang makan merupakan konsep yang tepat.

Ruang makan terbuka dengan taman ini bisa dikombinasikan dengan gaya rustic. Sehingga tampilan ruang makan tidak monoton. Ruang makan yang menyatu dengan taman nampak seperti makan di alam bebas. Ruangan menjadi lebih luas dan aktivitas di ruang makan tidak terbatas.

3. Desain Ruang Makan dengan Taman Dibatasi Tirai

Ruang makan dengan taman memang menyajikan keindahan yang menarik. Namun bagaimana jika hujan tiba? Hal ini bisa diatasi dengan memberi sekat.

Agar tidak merubah konsep ruang makan terbuka, maka sekat yang digunakan adalah tirai. Sekat berupa tirai akan lebih praktis untuk digunakan. Karena bisa dibuka tutup kapan saja.

Ada beberapa jenis tirai yang bisa digunakan. Diantaranya adalah tirai bambu dan tirai kain tile. Penggunaan tirai ini akan meminimalisir air hujan yang masuk ke ruang makan.

Tidak hanya itu saja, ruang makan juga tidak terlalu terbuka. Tirai ini bisa dibuka kapan saja, terutama pada saat kegiatan makan berlangsung.

4. Desain Ruang Makan Terbuka dengan Aksen Kayu

Ruang makan terbuka dengan taman identik dengan nuansa alam yang sejuk. Namun hal tersebut bisa dipercantik dengan menggunakan aksen kayu.

Jadi, ruang makan akan lebih menyatu dengan alam. Ruang makan juga terlihat lebih hangat dan nyaman. Aksen kayu bisa digunakan secara keseluruhan pada dapur yang menyatu dengan taman.

5. Desain Ruang Makan dengan Taman dan Atap Transparan

Desain selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah menggunakan atap terbuka. Atap transparan bisa dimanfaatkan untuk memberikan pencahayaan yang lebih maksimal. Sehingga tidak perlu menggunakan banyak lampu sebagai penerangan.

Taman juga mendapat pancaran sinar matahari. Suasana malam hari juga lebih menarik. Sebab, anda bisa melihat langit malam dari ruang makan. Taman yang ada di samping ruang makan juga menambah suasana tenang.

Beberapa desain ruang makan terbuka dengan taman diatas bisa dijadikan inspirasi. Membuat ruang makan minimalis menjadi lebih luas tidak perlu merombak secara keseluruhan. Anda bisa membuatnya menyatu dengan taman. (R10/HR Online)