Samsung Galaxy Buds Plus, Earphone Canggih Pesaing Oppo Enco W31

Samsung Galaxy Buds Plus

Samsung Galaxy Buds Plus merupakan earphone canggih, karena tidak memiliki kabel untuk menghubungkannya dengan smartphone. Galaxy Buds Plus yang tanpa kabel ini dinamakan juga True Wireless (TWS).

Saat ini, earphone TWS sedang ngetren di kalangan anak muda. Seperti produk dari Oppo yakni Enco W31, yang merupakan pesaing dari Galaxy Buds Plus.

Sebelumnya, untuk mendengarkan musik atau lagu, banyak yang menggunakan earphone, namun untuk menghubungkan ke perangkat membutuhkan kabel.

Dengan kemajuan teknologi yang makin canggih, maka earphone tersebut berinovasi dengan tanpa kabel dengan sebagai penghubungnya adalah Wireless.

Samsung Galaxy Buds Plus dirilis kali pertama Februari 2020 bersamaan dengan Galaxy Z Flip serta Galaxy S20, di acara Unpacked 2020 yang diselenggarakan di Amerika Serikat.

Perangkat Galaxy Buds dengan embel-embel Plus sendiri, merupakan pembaruan dari generasi sebelumnya, yang diluncurkan pada tahun lalu.

Mengutip dari laman resmi Samsung, earphone tanpa kabel atau TWS ini merupakan Earbud wireless pertama perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang menghadirkan speaker 2 arah.

Dengan adanya speaker dua arah tersebut, perangkat TWS ini memberikan suara AKG dengan bass yang dalam serta treble yang jernih.

Selain itu, sistem 3-mikrofon adaptif bisa menghasilkan suara panggilan jelas serta memiliki daya baterai yang tahan lama. Sehingga memberikan pengalaman mendengarkan lagu yang Premium.

Kualitas Audio Samsung Galaxy Buds Plus

Seperti disinggung di atas, bahwa Galaxy Buds Plus ini menghadirkan sistem dual-driver terbaru namun berteknologi terkini dan canggih.

Di dalam perangkat Buds Plus tersebut disediakan sepaker tweeter dan woofer, yang bisa menghasilkan performa audio terbaik.

Fungsi dari tweeter sendiri untuk menghasilkan nada tinggi namun suaranya tetap jernih. Sedangkan woofer yang hebat menghasilkan bass yang kuat.

Selain itu terdapat pula DSP besutan Samsung, yang memiliki kemampuan untuk memutar bass dan meningkatkan mid serta high.

Sementara sistem 3 mikrofon adaptif itu membantu pengguna tetap mendengar dengan jelas meski di tengah kebisingan.

Jadi, dua mikrofon luar tersebut bekerjasama dengan mikrofon, guna memblokir suara di sekitarnya ketika pengguna sedang menelepon.

Samsung Galaxy Buds Plus juga memperbarui jumlah mikrofon internal dari versi sebelumnya. Mikrofon itu berguna menambah kualitas suara panggilan dengan sangat baik.

Galaxy Buds Plus juga mempunyai mic tambahan untuk meningkatkan kemampuan noise cancelling yang lebih baik meski ditempat yang paling bising.

Baterai

Peningkatan lainnya dari Samsung Galaxy Buds Plus dari versi sebelumnya adlaah di sektor daya tahan baterainya.

Untuk versi terbaru ini atau Galaxy Buds Plus, memiliki daya tahan lebih lama yang dapat bertahan sampai 11 jam dalam satu kali pengisian.

Selain itu, casing earphone besutan Samsung ini juga memberian ‘tambahan waktu’ sampai 11 jam. Jadi total massa pakai baterainya sampai 22 jam.

Kelebihannya bukan hanya itu, dengan Samsung Galaxy Buds Plus ini juga dibekali dengan wireless charging.

Fitur ini bisa mengisi baterai yang menggunakan daya nirkabel yang kompatibel dengan Qi. Bisa juga dikatakan membagikan pengisian daya secara langsung dari ponsel Galaxy.

Sementara untuk memeriksa sisa masa pakai baterai di setiap earbud serta kotak pengisian daya, bisa menggunakan smartphone.

Konektivitas

Sedangkan di sektor konektivitas nirkabel, Galaxy Buds Plus besutan Samsung ini mengandalkan Bluetooth 5.0 dengan koneksi nirkabel yang stabil.

Sementara untuk menyambungkan earbud TWS ini, selain lewat Bluetooth bisa juga dengan menginstal aplikasi Samsung Galaxy Buds Plus atau Galaxy Wearable di Google Play Store. 

Fungsi dari aplikasi tersebut untuk mempermudah pengguna menyeting saat akan dipasang di smartphone Samsung atau lainnya.

Namun jika mempunyai banyak perangkat, maka Anda bisa menggunakan fitur multi-pairing.

Desain

Galaxy Buds Plus besutan pabrikan asal Korea Selatan ini memiliki penampilan atau desain yang tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya.

Seperti pada cassing atau cangkang yang terlihat apik, dengan dibekali silikon sehingga dapat diatur sesuai dengan selera.

Untuk bentuknya sendiri sangat pas serta nyaman ketika dipasang di telinga, karena berbentuk kuncup tapi ukurannya kecil dan ramping.

Desainnya sangat inovatif dan modern dengan tombol sentuh kapasitif yang berfungsi untuk mengatur treble, bass, volume, atau menyalakan asisten virtual serta amplifikasi suara ambient.

Sementara untuk warna Galaxy Buds Plus besutan Samsung ini tersedia dalam tiga varian warna, antara lain hitam, biru dan putih.

Perangkat ini juga bisa digunakan ketika berolahraga, jadi tidak takut basah terkena air keringat karena sudah memiliki IPX2, artinya tahan terhadap percikan air.

Samsung Galaxy Buds Plus saat ini di Indonesia dijual dengan harga Rp 2.399.000. (Adi/R5/HR-Online)