Satpol PP Kota Banjar Angkut Lapak Pedagang di Alun-alun

Satpol PP Kota Banjar
Petugas Satpol PP Kota Banjar saat mengamankan lapak yang berada di Alun-alun Banjar. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Petugas Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kota Banjar, Jawa Barat, menertibkan belasan lapak yang biasa digunakan jual beli para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Alun-alun Banjar, Senin (27/4/20). 

Belasan lapak tersebut diangkut dan diamankan oleh petugas agar tidak kembali di gunakan berjualan dan dipakai tempat nongkrong oleh warga mengingat saat ini masih situasi pandemi covid-19. 

Kepala Satpol PP Kota Banjar, Edi Nur Jaman, mengatakan, penertiban tersebut menindaklanjuti surat edaran Walikota Banjar tentang larangan pemakaian area publik sebagai lokasi mangkal jual beli. 

Larangan tersebut hanya bersifat sementara sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir kerumunan warga. 

Nantinya area publik akan kembali dibuka setelah keadaan kembali normal dan aman dari wabah pandemi covid-19 

“Sementara lapaknya kami amankan. Apabila para penjual ingin mengambil lapak jualannya kami persilakan untuk menghubungi petugas di Kantor Satpol PP,” kata Edi Nur Jaman kepada awak media, Senin (27/4/20).

Rencananya, lanjut Edi, pihaknya akan terus melakukan penertiban secara berkala baik area publik yang berada di pusat Kota Banjar maupun penertiban lapak yang berada di wilayah Alun-alun Langensari. 

“Penertiban tidak hanya di lokasi alun-alun Banjar saja. Kami juga akan melakukan penertiban di lokasi yang lain,” katanya. 

Sementara itu, Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana S.I.K, usai acara konferensi pers bersama tim Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 mengatakan, sebagai upaya pencegahan pihaknya bersama Dishub dan TNI sudah melakukan pengetatan di wilayah perbatasan. 

Selain itu, pihaknya juga tidak akan segan-segan membubarkan setiap kerumunan massa dan menindak tegas sesuai prosedur warga yang tidak mengenakan masker saat berada di area publik. 

“Kami sudah berupaya komitmen bersama tim gugus melakukan pencegahan. Kami berharap warga tetap di rumah, pakai masker dan jangan mudik bagi yang masih di perantauan,” pungkasnya. (Muhlisin/R6/HR-Online) 

Loading...