Satu Rumah Warga di Cipaku Ciamis Rusak Parah Tertimbun Longsor

Satu Rumah Warga di Cipaku Ciamis Rusak Parah Tertimbun Longsor
Satu rumah warga di Dusun Buniasih, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis rusak parah, setelah tertimbun material longsor. Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satu rumah warga di Dusun Buniasih, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis rusak parah, setelah tertimbun material longsor.

Ketua LPM Desa Muktisari, Hendra Sundara, mengatakan, bencana tanah longsor itu terjadi Jum’at (17/4/2020) sekitar pukul 19.00 WIB, saat hujan deras mengguyur daerah tersebut.

“Selain akses jalan di Dusun Buniasih, RT 08/11 yang amblas, material tanah juga menimbun rumah warga hingga mengalami rusak parah. Sehingga pemilik rumah, harus dievakuasi ke rumah saudaranya,” katanya kepada HR Online, Sabtu (18/4/2020).

Hendra menuturkan, mengingat kejadian longsor itu pada malam hari dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan, maka pihak pemerintah desa baru bisa ke lokasi (TKP) pagi harinya.

“Alhamdulilah semua yang datang ke lokasi membantu sebisanya,” ucap Hendra.

Mengingat tanah di lokasi tersebut sangat labil, sambungnya, maka pemerintah desa juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan terlalu dekat ke lokasi.

Hendra menyebutkan, beberapa titik yang dianggap rawan longsor, antara lain jalan menuju SMK 1 Cipaku dan jalan kalapa dua. Dalam tiga bulan terakhir saja sudah 4 kali terjadi bencana.

Atas kejadian tersebut, Hendra berharap agar BPBD dan Dinsos dapat secepatnya memberikan bantuan untuk warga, yang terdampak bencana tanah longsor.

“Mewakili masyarakat diharapkan dinas terkait juga secepatnya memperbaiki akses jalan, karena terputus total akibat longsor,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)