Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisSayap Bendungan Cipadaren di Kawali Ciamis Jebol, Saluran Inlet Jadi Terganggu

Sayap Bendungan Cipadaren di Kawali Ciamis Jebol, Saluran Inlet Jadi Terganggu

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sayap bendungan Cipadaren di Dusun Hayawang, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jebol.

Sayap bendungan tersebut jebol saat hujan deras yang terjadi pada Jum’at pekan lalu. Akibatnya, pasokan air untuk lahan pertanian di wilayah Desa Winduraja dan Kecamatan Jatinagara menjadi terganggu.

Saat dikonfirmasi HR Online, Rabu (08/04/2020), Kepala Dusun Hayawang, Iyus, mengatakan, jebolnya sayap bendungan Cipadaren mengakibatkan luapan air masuk ke areal pesawahan warga.

“Sumber air dari Cipadaren itu memasok pengairan untuk enam dusun di wilayah Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, dua dusun di wilayah Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, dan empat dusun lainnya di wilayah Jatinagara,” terangnya.

Iyus menambahkan, sayap bendungan yang jebol mencapai 15 metera, sehingga air tidak bisa masuk ke saluran inlet Situwangi.

“Meski Dinas PSDA dan masyarakat bergotong-royong memperbaikinya, namun hinggga saat air tersebut ini belum bisa dikendalikan sehingga pasokan air terganggu,” terang Iyus. (Dji/R3/HR-Online)