Sejarah Hantaman Asteroid ke Bumi

Sejarah Hantaman Asteroid ke Bumi

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Sejarah hantaman asteroid ke bumi. Dalam perjalanan hidup bumi, terhitung beberapa kali Asteroid menghantam dan merusak permukaannya.

Meski tak memiliki dampak yang cukup serius, namun asteroid-asteroid tersebut menimbulkan porak poranda serta kerusakan pada beberapa bagian di permukaan bumi.

Berikut ini sejarah hantaman asteroid ke bumi yang pernah tercatat;

Kawah Sudbury

Jika Anda berkesempatan untuk menginjakkan kaki di Negara Kanada, tepatnya di Kawasan Ontario, Anda akan menemui sebuah kawah bernama Sudbury.

Kawah tersebut memiliki diameter 81 mil atau setara dengan 130 km. Kawah tersebut merupakan hasil dari sebuah hantaman asteroid yang pernah datang ke bumi.

Tepatnya terjadi pada 1,85 miliar tahun silam. Mayoritas masyarakat mengatakan jika kawah tersebut memiliki diameter asli seluas 160 mil.

Kawah Popigai

Nyatanya, tak semua asteroid menyebabkan dampak kerusakan atau sisi negatif. Beberapa diantaranya justru membawa berkah bagi daerah yang ditimpanya.

Sebut saja kawah Popigai yang terletak pada kawasan Siberia. Kawah ini terbentuk akibat dihantam oleh asteroid pada 35 juta tahun silam. Dan efeknya mampu mengubah senyawa karbon menjadi berlian.

Bahkan menurut pemerintahan Rusia, kawah yang memiliki lebar hingga 100 km tersebut mengandung berlian dalam muatan besar.

Kawah Vredefort

Tercatat dalam sejarah hantaman asteroid ke Bumi, pada 2,2 miliar tahun silam terdapat sebuah asteroid yang cukup besar (setara dengan Gunung Table di Afrika Selatan) menghantam bumi dengan dahsyatnya.

Hingga akhirnya hantaman asteroid tersebut membentuk kawah terbesar dan juga tertua yaitu Kawah Vredemort.

Dengan luas sektar 185 mil atau setara dengan 300 kilometer, oleh pihak UNESCO pada tahun 2005 tercatat Kawah Vredemort sebagai Situs Warisan Dunia.

Kawah Chicxulub

Terletak pada Semenanjung Yucatanm, Meksiko. Kawah Chicxulub yang terhantam oleh asteroid pada 65 juta tahun silam, memiliki diameter hingga 150 mil atau setara dengan 240 kilometer.

Bahkan diduga asteroid tersebut yang menyebabkan kepunahan massal penduduk bumi pada akhir zaman kapur. Termasuk di dalamnya akhir sejarah dari kehidupan dinosaurus.

Hantaman Asteroid Tanpa Kawah

Pada beberapa tahun terakhir, seperti pada tahun 1908 dan juga 2013 silam, ada asteroid yang jatuh pada permukaan bumi. Namun tidak menimbulkan adanya kawah pada lokasi kejadian.

Dimulai pada 1908 tepatnya di kawasan Sungai Podkamennaya, Amerika Serikat sebuah ledakan asteroid mengeluarkan energi besar.

Bahkan mampu membunuh rusa atau bahkan meratakan pohon-pohon hingga berjarak beberapa kilometer.

Sedangkan pada 7 tahun silam, atau tepatnya 2013, kembali lagi asteroid meledak pada kawasan Chelyabinsk, Rusia.

Efek yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut ialah pecahnya kaca-kaca serta hancurnya beberapa bangunan. Dan lagi-lagi tidak ditemui adanya kemunculan kawah usai kejadian tersebut.

Itulah daftar sejarah hantaman asteroid yang pernah menimpa bumi beberapa waktu silam. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...