Senin, Oktober 25, 2021
BerandaArtikelSel yang Rentan Terinfeksi Covid-19 Dalam Tubuh Manusia

Sel yang Rentan Terinfeksi Covid-19 Dalam Tubuh Manusia

Sel yang rentan terinfeksi Covid-19 diduga berdasarkan jenis protein yang telah diproduksi oleh sel. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa identifikasi sel yang akan menjadi target infeksi adalah banyaknya jenis protein yang telah diproduksi dalam sebuah sel.

Selama epidemi SARS yang terjadi pada awal tahun 2000 silam, para peneliti telah mengetahui bahwa virus yang terbukti berperan atas penyakit tersebut secara resmi dikenal dengan SARS-CoV.

Sel yang Rentan Terinfeksi Covid-19 Dalam Tubuh Manusia

Virus SARS-CoV penyebab terjadinya SARS itu akan menginfeksi sel dengan cara bantuan dari dua protein.

Kedua protein tersebut adalah Angiotensin-Converting Enzyme 2 (ACE2) yang akan membantu virus menempel pada bagian sel dan juga enzim yang disebut dengan TMPRSS2 (Tipe II Transmembran Serine Protease) yang akan memediasi sel.

Pada tahun ini, sejumlah ilmuwan kembali menemukan SARS-CoV-2 virus yang menyebabkan terjadinya Covid-19 dimana mengeksploitasi sel yang sama.

Hal ini tentu memberikan sebuah petunjuk bagi para peneliti untuk dapat mengidentifikasi sel yang rentan terinfeksi Covid-19 dalam pernafasan dan juga jaringan usus yang akan mengekspresikan ACE2 serta TMPRSS2.

Penjelasan Mengenai Protein Sel

Sebagaimana penjelasan ahli imunologi yang bernama Jose Ordovas-Montanes, segera setelah pihaknya menyadari bahwa peranan protein sel ini telah dikonfirmasi secara biokimia, maka pihaknya mulai mencari dimana tempat gen itu dalam kumpulan data mereka.

Dalam hal ini, para ahli sel yang rentan terpapar Covid-19 yang mungkin menjadi target utama dari virus ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa upaya besar yang multi-nasional telah melibatkan banyak sekali ilmuwan dan juga para peneliti untuk dapat menyisir berbagai set data RNA.

Tak hanya itu, mereka juga mengumpulkan berbagai informasi untuk ribuan jenis sel yang berbeda pada manusia, primata, dan bahkan tikus. Hal ini masih berkaitan dengan penelitian terhadap sel yang rentan terinfeksi Covid-19.

Pola Ekspresi Gen Untuk Ratusan Tipe Sel

Secara umum para ilmuwan telah mencari pola ekspresi gen untuk melihat tipe sel yang rentan terpapar Covid-19. Pola ekspresi gen tersebut diambil dari tiga bagian tubuh yang mampu menampung virus SARS-CoV-2 ini.

Terdapat 3 kandidat sel yang menjadi target utama untuk penyebaran virus ini yaitu paru-paru, usus, dan juga hidung yang akan mengeluarkan lendir.

Dengan mengetahui jenis sel yang akan menjadi target, maka otomatis dapat membantu riset masa depan. Termasuk untuk menemukan obat antivirus yang dapat mencegah menyebarnya virus ini.

Covid-19 Bisa Menginfeksi Sel Dengan Sangat Baik

Baik SARS-Cov dan juga SARS-CoV-2 akan mengikat ke reseptor sel manusia yang dikenal dengan AE2. Sel yang rentan terinfeksi Covid-19 telah ditemukan oleh seorang peneliti asal University of Minnesota.

Dimana menemukan beberapa mutasi genetik yang memimpin lonjakan SARS-CoV-2 untuk dapat mengembangkan penggunungan dari molekul sel yang jauh lebih kompak jika dibandingkan dengan virus SARS-CoV.

Strukturnya yang jauh lebih ringkas dan beberapa perbedaan kecil yang lainnya akan memungkinkan SARS-CoV-2 ini menempel jauh lebih kuat pada reseptor ACE2 pada manusia.

Sehingga akan lebih memungkinkan untuk dapat menginfeksi sel lebih baik dari SARS-CoV. Dengan demikian, maka Covid-19 ini dapat menyebar jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Coronavirus SARS.

Penyebab Covid-19 Mudah Menyerang Sel

Sosok misterius dari virus Corona sampai saat ini masih dalam penelitian para ahli. Mereka masih mencoba membongkar rahasia dibalik virus Corona ini, termasuk sel yang rentan terinfeksi Covid-19.

Untuk diketahui, virus Corona ini dapat secara mudah menempel di sel manusia melalui spike protein. Akan tetapi, pada Covid-19 struktur protein lonjakan yang ditimbulkan berbeda.

Sel yang rentan terpapar berkaitan dengan reseptor protein dan juga sel dalam tubuh. Protein di permukaan sel nantinya akan berfungsi dan kemudian berperan sebagai gerbang masuk.

Temuan Para Ahli

Dengan mempelajari secara lebih spesifik mengenai virus Covid-19 bagaimana ia melekat pada sel, para peneliti juga telah memperoleh beberapa wawasan mengenai bagaimana virus tersebut.

Dimana virus ini mampu melompat dari hewan ke manusia melalui sel yang rentan terinfeksi Covid-19 dalam tubuh. Mereka juga menemukan bahwa virus Corona pada kelelawar ada kaitannya dengan reseptor ACE2.

Beberapa mutasi mampu meningkatkan kemampuan virus kelelawar sehingga dapat menempel pada reseptor manusia melalui mulut dan juga hidung. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img