Smartphone Terkencang di Dunia Maret 2020 Kelas Mid-Range, Ini Daftarnya

HP Redmi Note 8 Pro smartphone terkencang
HP Redmi Note 8 Pro yang merupakan smartphone terkencang versi AnTuTu di bulan Maret 2020 kelas mid-range. Foto : net/ist

Smartphone terkencang di dunia bulan Maret 2020 versi AnTuTu sudah dirilis. Daftar smartphone paling ngebut itu kebanyakan dari vendor asal China.

AnTuTu memang setiap bulannya sering merilis daftar ponsel pintar baik itu dari performa maupun aspek lainnya.

AnTuTu sendir merupakan alat atau aplikasi pembandingan software dari Tiongkok, yang biasa dipakai untuk benchmark telepon serta gadget lainnya.

Yang paling sering dipublikasikan oleh perusahaan pengukur kinerja ponsel ini, adalah dari segi kinerja tertinggi pada setiap masing-masing smartphone.

Untuk bulan Maret sebagai smartphone terkencang di dunia paling banyak memakai chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 865, serta dipadukan RAM jenis LPDDR5.

AnTuTu bukan hanya merilis ponsel terkencang untuk kelas flagship atau premium saja. Namun, setiap bulannya juga tidak ketinggalan mengungkap ponsel terbaik di kelas menengah.

Tapi, berbeda dengan ranking premium, untuk ranking pada segmen mid-range tersebut perebutan posisi sebagai terkencang tidak begitu agresif.

Smartphone Terkencang di Dunia Kelas Mid-Range

HP Redmi Note 8 Pro menjadi ponsel Android paling ngebut versi AnTuTu di bulan Maret 2020 ini.

Smartphone besutan asal vendor Tiongkok ini bagian otaknya dipersenjatai chip Helio G90T, yang mampu meraih skor akumulatif 292.510 poin.

Redmi Note 8 Pro yang sudah hadir di pasar Tanah Air saat ini dibanderol kisaran Rp 3 jutaan itu, juga ditopang RAM 8 GB tapi ada juga versi 6 GB.

Sedangkan untuk layarnya berukuran 6,53 inci resolusi Full HD+. Kamera belakang terpasang 4 lensa. Bagiab baterai berkapasitas 4500 mAh plus fast charing 18W.

Redmi Note 8 Pro sebagai juara smartphone terkencang kelas menengah ini juga unggul berkat adanya fitur NFC serta heatpipe tembaga.

Pasalnya, dua fitur tersebut sangat jarang ditemui di ponsel pintar kelas menengah, dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Selanjutnya diperingkat kedua ada Xiaomi Mi Note 10 Pro. Ponsel besutan Xiaomi ini memakai chip Snapdragon 730G, sehingga bisa meraih nilai 268759.

Sebagai pendukung performa dipasang RAM berkapasitas 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Smartphone terkencang kedua versi AnTuTu bulan Maret 2020 kelas mid-range ini juga unggul di sektor kamera belakang, yang dipasang 5 kamera dengan sensor utama 108 MP.

Sedangkan kapasitas baterai ponsel yang dirilis Desember 2019 ini sebesar 5.260 mAh, ditambah dukungan pengisian cepat 30W.

Namun yang menjadi kekurangan dari Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah masih menggunakan OS Android 9.0 Pie.

Peringkat ketiga sebagai smartphone terkencang di bulan Maret ini adalah masih dari produk Xiaomi yaitu seri Mi 9T.

Meski ponsel pintar ini dirilis 1 tahun yang lalu, namun Xiaomi Mi 9T tetap yang terbaik di kelas mid-range.

Hal itu dibuktikan dengan skor yang diperoleh 265.231, karena HP Xiaomi ini dibekali dengan chip Snapdragon 730.

HP ini dilengkapi dengan 3 kamera belakang dan baterai 4000 mAh, serta layar berpanel AMOLED.

Posisi Selanjutnya

Samsung juga tidak mau ketinggalan dengan Xiaomi ataupun Redmi. Vendor asal Korea Selatan ini menempati posisi keempat dengan varian Samsung Galaxy A71.

Salah satu jagoan produk Samsung di kelas mid-range ini memakai chip Snapdragon 730G, yang ditopang RAM sebesar 8 GB.

Sementara di sektor layar berukuran 6,7 inci berpanel Super AMOLED. Baterai berkapasitas 4500 mAh.

Smartphone terkencang keempat dari Samsung ini juga sangat nyaman dipakai untuk bermain game online dengan grafik 3D.

Untuk posisi kelima sebagai ponsel paling ngebit versi AnTuTu di bulan Maret 2020 kelas mid-range ini ada Realme X2.

Tidak berbeda dengan Samsung Galaxy A71, HP Realme X2 juga bagian otaknya memakai Snapdragon 730G, dengan didukung RAM 6 GB dan ROM 64 GB.

Selain seri X2, Realme juga menempatkan seri Q diperingkat delapan dengan chip Snapdragon 712, dan XT diperingkat kesembilan yang memakai Snapdragon 712.

Sedangkan peringkat keenam sebagai smartphone terkencang ada Mi Note 10 dari Xioami, dengan skor 264.493 yang memakai Snapdragon 730G (6GB+128 GB).

Posisi ketujuh ada Samsung Galaxy A80 dengan otak Snapdragon 730 yang ditopang RAM berkapasitas 8 GB dan ROM 128 GB.

Dan peringkat kesepuluh sebagai smartphone terkencang adalah Mi 9 Se dari Xiaomi yang memakai Snapdragon 712 (6GB+128GB). (Adi/R5/HR-Online)