Software Zoom Banyak Digunakan, FBI Wanti-wanti Aplikasi Ini Rentan Diretas

Software Zoom Banyak Digunakan
Software Zoom yang banyak digunakan saat ini. Foto : net/ist

Software Zoom saat ini menjadi booming setelah adanya wabah virus Corona. Ya, software atau aplikasi ini banyak digunakan untuk teleconfrence atau rapat secara virtual, dengan model sharing screen atau berbagi layar.

Bukan hanya di Indonesia saja, aplikasi tersebut juga banyak dipakai untuk meeting, hampir di seluruh negara di dunia.

Sebab, dengan adanya wabah Covid-19 ini, maka berbagai negara termasuk Indonesia, menerapkan kebijakan dengan bekerja dan belajar dari rumah, atau work from home (WFH).

Kebijakan tersebut diterapkan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus Corona. Jadi, untuk melakukan segala aktivitas yang tadinya di kantor dilakukan secara online dengan memanfaatkan Zoom.

Software Zoom Rentan Diretas

Namun masalahnya, aplikasi ini ternyata rentan dari serangan hacker atau peretas. Hal itu diungkapkan oleh Federal Bureau of Investigation (FBI) atau Badan Intelijen milik Amerika Serikat.

FBI memperingatkan bahwa tidak sedikit peretas yang men-hacker pengguna aplikasi tersebut saat melakukan meeting secara online atau virtual.

Bahkan badan inteijen milik negeri Paman Sam itu, sudah banyak menerima laporan tentang meeting yang terganggu dengan munculnya foto-foto seronok, bahasa ancaman serta ujaran kebencian.

Salah satu contoh kasus software Zoom diretas adalah terjadi di New York, Amerika Serikat, saat pertemuan Dewan Kota Esopus Senin (30/3/2020).

Hacker tersebut mengganggu jalannya pertemuan itu dengan masuk ke teleconfrence sambil mengumbar kata-kata rasis.

Selain itu, hacker tersebut juga mempertontonkan screenshot website atau situs dari kelompok kebencian, serta sebuah halaman yang ada di media sosial Facebook. 

Saran FBI

Dengan banyaknya kejadian hack pada software Zoom tentu sangat membuat rugi banyak kalangan. Untuk itu, FBI memberikan tips guna menghindari para penjahat cyber, yaitu dengan membuat Zoom pribadi.

Adapun isi dari Zoom pribadi tersebut jangan sampai membagikan tautan atau link teleconfrence atau rapat virtual di medsos. Selain itu, mengelola opsi sharing screen, sehingga cuma user atau tuan rumah yang bisa menampilkannya.

Software Zoom sendiri mulai booming dan banyak yang mengunduhnya sejak pandemi Covid-19. Bahkan, dari tanggal 22 Februari sampai 22 Maret 2020, pengguna software ini melonjak sampai 1270 % atau 12 kali lipat.

Cara Gunakan Software Zoom di Android dan Komputer

Aplikasi untuk rapat secara virtual ini bisa dipakai pada smartphone Android atau iOS maupun komputer baik PC atau laptop.

Sedangkan cara menggunakan software tersebut tidak lah sulit, bahkan siapa saja juga dapat mengoperasikan atau mengaksesnya.

Langkah pertama untuk pengguna Android, jika Anda sudah memasang Zoom Meeting, maka kemudian dapat langsung memakai software Zoom. Untuk mengakses aplikasi ini Anda tidak perlu sig in atau sign up.

Langkah selanjutnya, membuka pesan yang ada di kotak masuk. Lalu, klik tautan yang sudah masuk di kotak pesan. Tautan itu Anda peroleh dari orang yang mengundang  untuk bergabung ke forum.

Selanjutnya, pilih Open With Zoom serta ketikkan nama Anda, kemudian tekan OK. Kemudian klik Call Via Device Audio. Untuk fitur yang bakal dipakai bisa disesuaikan selera.

Sedangkan untuk bisa melakukan video call, maka tinggal klik icon video. Tidak sulit kan mengoperasikan software Zoom di HP Android.

Sementara cara mengoperasikan software ini di komputer baik PC atau laptop, pertama masuk terlebih dulu ke https://zoom.us/. Setelah itu, klik Sign Up Free serta mendaftarkan alamat email atau Facebook yang akan dipakai.

Apabila sudah selesai mendaftar, maka kemudian gunakan aplikasi Zoom dengan masuk ke laman utama. Tekan My Profile, lalu nanti bakal ada data Personal Meeting ID.

Untuk bisa memilih pengaturan, menu My Meetings diklik. Gunakan tautan ID yang Anda punya untuk mengundang teman atau orang lain, supaya bisa bergabung di Meeting Rooms.

Orang lain yang sudah dibagikan tautan tersebut dapat masuk melalui web browser Chrome. Tidak sulit kan cara mengoperasikannya.

So dengan adanya software Zoom dapat langsung digunakan untuk agenda rapat secara virtual. Namun sebagai bentuk pengamanan dari hacker, sebaiknya ikuti saran dari FBI yang sudah disinggung di atas. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...