Spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro, Ponsel Murah dengan 4 Kamera di Belakang

Spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro
HP Redmi Note 8 Pro. Foto : Redmi Indonesia

Spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro membawa kamera belakang sebagai andalannya. Selain itu, HP Redmi Note 8 Pro juga mengandalkan layar yang berukuran besar.

Smartphone yang merupakan sub brand dari Xiaomi ini, hadir di pasar ponsel Indonesia akhir Oktober 2019, bersamaan dengan seri Redmi Note 8 reguler.

Sebagai HP baru kala itu, dengan hadirnya Redmi Note 8 Pro tersebut disambut antusias oleh penggemar atau konsumen setia Xiaomi Indonesia.

Sehingga tidak salah jika diawal peluncuran di Indonesia, dalam masa flash sale pertamanya sudah terjual habis dalam hitungan menit.

Yang membuat smartphone ini laku terjual, adalah spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro yang menawarkan kelas tinggi, namun dibanderol dengan harga terjangkau.

Seperti spek fotografi yang ditawakan begitu menggoda berbekal empat lensa di belakang. Kemudian, prosesor yang sangat pas buat bermain game dan masih banyak lagi.

Penasaran seperti apa spek dan harga yang ditawarkan oleh Redmi Note 8 Pro ini? Berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro

HP besutan asal vendor Tiongkok ini memiliki banyak kelebihan dari pada kekurangannya. Kelebihan itu menjadi senjata untuk menarik konsumen Indonesia.

Meski berbekal spek dan fitur yang hampir sama dengan kelas premium, akan tetapi smartphone Redmi ini dijual dengan harga yang cocok untuk masyarakat Indonesia.

Layar dan Desain

Ponsel ini mempunyai layar yang benar-benar bisa memuaskan para penggunanya. Sebab, dengan luas 6,53 inci itu makin nyaman untuk bermain game atau lainnya.

Selain itu, resolusi layarnya juga sudah Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel, dengan aspek rasio 19.5:9. Berkat resolusi tersebut layarnya itu terlihat jelas dan tajam.

Spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro pada layarnya ini juga diproteksi Corning Gorilla Glass 5, sebagai anti goresnya.

Belum lagi pada displaynya ini sudah bersertifikat TUV Rheinland, yang menjadikan mata tidak akan kelelahan karena cahaya biru sudah diminimalisir.

Sayangnya salah satu kekurangan dari layar Redmi Note 8 Pro ini yaitu masih mengusung IPS LCD, bukan berpanek Super AMOLED.

Sebab, pesaingnya seperti HP Samsung Galaxy M30s dan Realme XT dengan layar 6,4 inci, panelnya sudah mengusung layar Super AMOLED

Sementara spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro dalam hal desain terbilang premium. Seperti pada bodi belakangnya yang ada lengkungan 3D di setiap sudutnya.

Sudut berlengkung 3D itu selain nyaman saat dipakai, juga menjadikan kekuatan bodinya lebih baik dari yang pernah dirilis sebelumnya.

Proteksi Gorilla Glass 5 bukan hanya dipasang pada bagian layarnya saja, melainkan di belakang juga diterapkan, yang intinya bisa melindungi HP ini saat terjatuh.

HP Redmi Note 8 Pro sudah sertifikasi P21, yang artinya diberi lapisan anti terhadap percikan air. Serta konektor dengan pelindung karet dapat menjaganya dari debu.

Untuk bodi belakangnya dibuat efek pantulan cahaya serta warna Deep Blue, Mineral Grey, Forest Green dan Pearl White yang bergradasi.

Redmi Note 8 Pro ini memiliki ukuran dimensinya 161.4 x 76.4 x 8.8 mm dengan berat 200 gram.  

Sedangkan pada bagian bawah terdapat lubang audio jack 3,5 mm, speaker, mic serta USB-C untuk mengisi ulang baterai.

Dapur Pacu

Sementara spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro di sektor performa tidak bakal mengecewakan. Pasalnya sudah dipasang prosesor gaming Helio G90T (12nm).

Prosesornya itu dibantu oleh CPU octa-core Cortex-A76 dan Cortex-A55, serta GPU atau kartu grafis Mali-G76 MC4.

Jika melihat dari uji dari benchmark, maka otaknya ini lebih ngebut dari chipset Snapdragon 710 yang dipakai oleh HP Oppo K3.

Selain itu, grafisnya ini terbilang tangguh saat memainkan game online atau offline yang frame rate tinggi atau kualitas tinggi.

Sedangkan penopang dari performanya ini dipasang juga RAM berkapasitas 6 GB, yang disandingkan dengan penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB.

Sementara, saat bermain agar tidak menemui kendala atau masalah, maka Redmi Note 8 Pro ini sudah dibekali teknologi Liquid Cool.

Teknologi pendingin itu memiliki sistem pembuangan panas untuk IC atau SoC, yng dapat mendinginkan 4 sampai 6 derajat Celcius.

Nah, untuk spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro pada bagian daya baterainya, dipasang kapasitas yang lumayan besar yakni 4500 mAh.  

Redmi mengklaim bahwa daya baterainya ini bisa bertahan sampai 10 jam untuk bermain game, dengan pengisian penuh selama 2 jam.

Selain berbekal baterai besar, smartphone Redmi tersebut juga dilengkapi fitur Fast charging 18W, sehingga dapat mencharger baterai dengan cepat.

Spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro Bagian Kamera

Sementara untuk urusan jeprat-jepret, seperti disinggung di atas, smartphone ini memiliki quad camera atau 4 lensa di belakang.

Itulah yang menjadi daya tarik serta kelebihan dari HP Redmi Note 8 Pro, yang jarak dimiliki ponsel lain dengan harga terjangkau.

Keempat kamera belakangnya itu memiliki konfigurasi 64 MP sebagai lensa utama dengan bukaan f/1.9 (wide). Kemudian 8 MP sebagau ultrawide bukaan lensa f/2.2.

Lalu kamera ketiga beresolusi 2 MP sebagai lensa makro yang memiliki bukaan f/2.4, dan terakhir 2 MP sebagai sensor kedalaman dengan bukaan f/2.4.

Kemampuan dari kamera 64 MP ini menghasilkan foto dengan resolusi tinggi, bahkan dapat mencetak poster sampai berukuran 3,26 meter.

Selain itu, kelebihan dari kameranya ini bisa melakukan zoom sampai lebih detil, dapat merekam video slow motion @960 fps, serta merekam video 4K.

Sedangkan untuk lensa makro bisa mengambil gambar dari jarak dekat sampai 2 cm, dengan mempunyai kemampuan autofocus super dekat.

Lensa ukuran 8 MP sebagai ultrawide, bisa mengambil objek gambar dengan sudut  lebar sampai 120 derajat.

Lantas bagaimana dengan kamera depannya? Spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro di bagian kamera selfie juga tidak bakal mengecewakan.

Pasalnya, dengan resolusi 20 MP dan berkemampuan Mode AI Portrait ini bisa memuaskan para pencinta swafoto dengan hasil foto blur selfie yang sempurna.

Susunan dari kamera belakang secara vertikal berada di atas bagian semitris tengah, dengan LED flash berada di sampingnya.

Sedangkan kamera depan pada Redmi Note 8 Pro dipasang di notch, yang berada di tengah bagian atas layar.

Spek dan fitur Lainnya

Pada bagian sistem operasi atau OS berbasis Android 9.0 (Pie), yang bisa diupgrade ke Android 10.0, dan menjalankan antarmuka MIUI 11.

Sensor keamanan menggunakan sistem sidik jari yang dipasang di bodi belakang bawah kamera. Tersedia juga fitur NFC, yang jarang disediakan di smartphone kelas menengah ke bawah.

Salah satu kekurangan lainnya adalah memakai slot hybrid eSIM, yang sangat jarang dipakai sehingga pengguna masih ada yang belum terbiasa.

Mengutip dari laman resmi Redmi Indonesia, untuk harganya, varian RAM 6 GB dan internal memori 64 GB dijual Rp 2.999.000.

Sedangkan spesifikasi HP Redmi Note 8 Pro dengan RAM 6 Gb dan internal memori 128 GB dibanderol Rp 3.399.000. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...