Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A, Smartphone Murah Paling Mutakhir

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A mengalami peningkatan ketimbang generasi sebelumnya yaitu Redmi 6A. Salah satu peningkatan Xiaomi Redmi 7A yakni memakai SoC Snapdragon.

Xiaomi Redmi 7A mulai dipasarkan secara global pada bulan Juni 2019, dan datang ke Tanah Air pada Agustus 2019.

HP besutan vendor asal China ini banyak diburu konsumen, karena termasuk dalam smartphone entry level termutakhir, juga harganya low budget.

Memang saat ini persaingan ponsel di segmen entry level tidak mudah. Berbagai pabrikan smartphone terus menerus merilis segmen tersebut.

Seperti Samsung dengan Galaxy A01, A11 dan lainnya, kemudian OPPO menghadirkan A5 (2020), HP OPPO A31 dan sebagainya.

Tak ketinggalan sesama vendor asal Tiongkok, Vivo juga merilis seri Y11, Y15 dan lainnya, kemudian Realme C3 yang diklain sebagai rajanya kelas entry level.

Maka tak ketinggalan Xiaomi juga meluncurkan kelas tersebut, dengan hadirnya Xiaomi Redmi 7A paling mutakhir, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A serta fiturnya sendiri mengalami sejumlah peningkatan. Mulai dari baterai, prosesor sampai warna dan teknologi yang dibawanya.

Penawaran menggiurkan pun ditawarkan oleh Redmi lewat seri 7A. Handphone itu memang layak dipertimbangkan, mengingat jarang sekali pabrikan pinsel yang berani menawarkan spek gahar namun rentang harganya Rp 1,2 jutaan.

Penasaran seperti apa spek serta fitur yang dibawa oleh HP Xiaomi Redmi 7A tersebut? Berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A

Seperti disinggung di atas, bahwa seri 7A ini memiliki sejumlah peningkatan ketimbang seri sebelumnya Redmi 6A yang dirilis tahun 2018 itu.

Selain itu, meski dijual ramah di kantong, namun spesifikasi dari Redmi 7A ini bisa diadu dengan sesama smartphone segmen entry level.

Dapur Pacu, RAM dan OS

Jika seri sebelumnya yakni Redmi 6A memakai chip Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm), maka untuk Redmi 7A kembali ke jalur Qualcomm Snapdragon.

Padahal, chip Mediatek sendiri di Indonesi kurang begitu disukai, dan konsumen Tanah Air mempercayakan kepada Qualcomm Snapdragon.

Untuk itu, spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A di sektor dapur pacunya memakai tenaga Snapdragon 439. Jadi, meski terbilang ponsel murah, namun bukan berarti HP ini murahan.

Prosesor Xiaomi Redmi 7A yang memakai SoC sejuta umat tersebut, memiliki performa yang sanggup melibas segala aplikasi tanpa kendala.

Walaupun memang kadang-kadang menemui lag, sebab bagian RAM-nya ini berkapasitas 2 GB, yang tentunya terbatas untuk menjalankan aplikasi berat.

Sedangkan di sektor penyimpanan internal tersedia dalam dua pilihan, yakni 16 GB serta 32 GB. Namun jangan khawatir terlalu kecil, karena masih bisa diperluas dengan memakai microSD sampai 256 GB.

Meski RAM yang terbatas hanya 2 GB, akan tetapi bagi yang gemar main game jangan khawatir. Karena, smartphone Redmi 7A ini masih bisa menjalankan game berat.

Game berat online yang bisa dimainkan namun dengan settingan sedang itu, antara lain Arena of Valor, Real Racing 3, Mobile Legends: Bang Bang dan sebagainya.

Sementara untuk sistem operasi atau OS sudah berbasis Android 9.0 Pie, dan menjalankan antarmuka MIUI.

Layar dan Desain

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A selanjutnya yaitu di bagian layar atau display. Smartphone ini memang memiliki ukuran layar lumayan lebar.

Dengan ukuran 5.45 inci tentu bisa memuaskan pengguna. Selain menyenangkan saat dilihat, juga nyaman ketika digenggam atau pas di saku.

Namun sayangnya layar yang cukup lebar itu terpotong oleh bazzel yang lumayan tebal. Selain itu, resolusi layar 1440 x 720 piksel atau HD+ sudah mulai tidak dipakai oleh smartphone buatan sekarang.

Tapi, smapai sekarang pengguna ponsel ini belum ada yang komplain atau mengeluh, terkait dengan ukuran layar atau build-quality-nya.

Sementara untuk spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A di bagian desainnya, memiliki konsep yang tidak berbeda jauh dengan seri sebelumnya.

Layarnya itu karena memiliki bezel yang tebal sehingga tidak ada poni atau notch. Sedangkan untuk panelnya masih IPS LCD.

Secara fisik, bagian sisi kanan dipakai untuk tombol power serta kontrol volume. Sedangkan di bawah dipasang Micro USB 2.0, dan lubang microfon serta speaker.

Di bagian depan layarnya dipasang kamera selfie dan speaker. Di bawahnya terdapat tulisan “Redmi”. Sedangkan di sisi kiri disediakan untuk slot kartu 2+1.

Desain Redmi 7A di setiap sudutnya dengan lekukan yang halus, sehingga dengan begitu smartphone ini nyaman digenggam dengan satu tangan.

Sementara untuk bahan bodi belakangnya memakai material polycarbonat yang didesain mirip tekstur metal. Selain itu, tata letak kamera belakang tersuusn secara vertikal, yang di bawahnya dipasang LED Flash.

Kamera

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A di sektor kamera memang tidak seperti smartphone model sekarang, yang di bagian belakang kebanyakan dipasang minimal dual lensa.

Untuk bagian belakang dibekali kamera berkekuatan 12 MP dengan sensor lensanya dari SONY IMX486. Selain itu juga sudah dipasang LED flash,

Meski hanya dibekali lensa tunggal, tapi kamera 12 MP AI tersebut bisa fokus dengan cepat, dan hasil tangkapan fotonya spektakuler.

Hal itu disebabkan karena kamera itu memakai piksel besar 1,2 μm, serta didukung fitur auto fokus deteksi fase (PDAF) dan AI Beautify.

Sehingga hasilnya terlihat detailnya dan jelas, baik itu foto pemandangan ketika traveling atau anak yang sedang berlarian.

Sementara untuk spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A di bagian depan, dipasang kamera selfie beresolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2.

Kamera depannya ini sudah dibekali dengan Mode Portrait, AI Beautify AI face unlock, sehingga hasilnya meyakinkan.

Selain itu, terdapat pula teknolofgi terbatu yaitu fitur screen flash. Fitur ini memiliki fungsi membantu pencahayaan saat mengambil foto selfie.

Baterai

Adapun spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A di sektor daya baterai berkapasitas 4000 mAh. Dan itu yang membuat HP ini menjadi daya tarik tersendiri.

Sebab, dengan baterai sebesar itu maka tidak perlu khawatir cepat habis ketika dipakai, karena mampu bertahan sampai 19 hari.

Selain itu, dengan optimalisasi sistem MIUI bisa membantu menghemat daya dengan banyak. Sehingga, tidak usah khawatir harus sering-sering mencharger baterai.

Baterai 4000 mAh itu bisa dipakai 216 jam untuk memutar musik, 25 jam untuk menelepon, dan 17 jam untuk memutar video.

Namun kekurangannya tidak disediakan pengisian cepat, sehingga jika ingin mengisi ulang dari 0-100 persen memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Fitur Unggulan Lainnya

Sedangkan spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A untuk keamanan ponsel menggunakan AI face unlock. fitur keamanan itu sangat aman dan mudah.

Selain itu, meski dibanderol murah, tapi HP ini diberi pelindung dari percikan air. Jadi cassing Redmi 7A seperti jas hujan namun tidak terlihat.

Pelindung yang tahan terhadap percikan air tersebut adalah dibantu lapisan nano. Sehingga air mengalir seperti daun, dan secara efektif bisa mengurangi korosi dari minyak, keringat, minuman atau bahkan cairan yang biasanya berceceran.

Sementara di bagian display sudah bersertifikat dari TÜV Rheinland, yang bisa mengurangi cahaya biru berbahaya.

Jadi, mode baca pada HP Xiaomi Redmi 7A ini bisa melindungi mata dari kerusakan, serta memberikan pengalaman yang lebih baik.

Untuk saat ini seri 7A dibanderol Rp 1.199.000. Jadi dengan harga murah dan spesifikasi HP Xiaomi Redmi 7A yang mumpuni, maka smartphone tersebut layak dibeli. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...