Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisSumbangan Rp 500 Juta Lebih dari PNS Ciamis untuk Warga Terdampak Covid-19

Sumbangan Rp 500 Juta Lebih dari PNS Ciamis untuk Warga Terdampak Covid-19

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sumbangan dari PNS Ciamis terkumpul Rp 500 juta lebih untuk warga terdampak Covid-19. Sumbangan tersebut dikumpulkan di Baznas Ciamis yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah sebagai penyelenggara penggalangan dana partisipasi percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Ciamis .

Baznas Ciamis ditunjuk lantaran dianggap bisa menyalurkan dana ke masyarakat yang tidak mamu. Apalagi seiring dengan perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ciamis, menimbulkan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

Pemerintah Daerah Ciamis menunjuk Baznas untuk mengumpulkan sumbangan dari PNS untuk disalurkan kepada warga yang terdampak Covid-19.

Kikim Mutakin, Sekretaris Baznas Ciamis, mengatakan, mulai tanggal 1 April sampai saat ini sudah terkumpul sRp. 504.968.618 dari sumbangan PNS di Kabupaten Ciamis. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah.  

“Penggalangan dana ini akan dilakukan hingga Juni mendatang, yang nantinya akan disumbangkan untuk masyarakat yang terdampak atau bisa juga disalurkan untuk kegiatan yang sifatnya urgent,” kata Kikim, Rabu (15/4/2020). 

Menurut Kikim, setelah terkumpul hasil dari penggalangan dana, pihaknya akan berkoordinasi dengan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Ciamis.

“Sejauh ini intruksi dari pengumpulan bantuan bisa disalurkan untuk masker terlebih dahulu. Masker akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Ciamis. Kalaupun ada untuk yang lainnya belum ada koordinasi,” katanya.

Kikim mengungkapkan, Baznas sudah menyalurkan 850 hand sanitizer yang dananya berasal dari infak regular.

“Alhamdulillah sudah menyalurkan 850 pcs hand sanitizer. Sasarannya kepada SKPD di kabupaten Ciamis, 3 liter disinfektan ke tiap kecamatan, 8 wastapel portabel di 5 titik eks kewadanan pasar ataupun masjid,” katanya. 

Sementara untuk paket sembako, Kikim menambahkan, sudah ada rencananya sendiri, terlebih menjelang Ramadan seperti saat ini.

“Untuk paket sembako sudah ada rencana, memang sudah kebiasaan Baznas setiap menjelang Ramadhan. Kebetulan memang sekarang kondisinya sekarang ada wabah Covid-19. Kami akan menyalurkan 5.500 paket sembako untuk guru ngaji se-Kabupaten Ciamis,” tandasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)