Tahapan Pilkades Serentak di Ciamis Diundur, Calon dan Pendukung Melempem

Pilkades Aroma Pilkada
Ilustrasi Pilkades serentak. Foto : istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejak wabah Corona masuk, tahapan Pilkades Serentak di Kabupaten Ciamis ditunda sementara waktu. Hal ini pun membuat para calon Kades dan pendukung melempem.

Seperti yang diungkapkan Hendra, kalangan independen di Kecamatan Cipaku. Ia menilai usaha untuk mendapatkan dukungan dari warga harus kembali ke nol lagi.

“Kebetulan saja kita dapat musibah seperti ini. Pengunduran tahapan Pilkades serentak ini memang menjadi momentum untung dan rugi bagi calon serta pendukungnya,” kata Hendra kepada HR Online, Senin (6/4/2020).

Disebut untung, kata Hendra, calon maupun pendukungnya bisa lebih leluasa melakukan gerakan yang dikemas untuk mendapatkan empati massa. Sementara merugi ketika massa yang sudah tersosialisasi dan terakomodir justru mulai tertarik dengan calon yang membuat gerakan secara terselubung.

“Apalagi faktor finansial juga sangat mempengaruhi simpati massa,” ujarnya.

Usman Sukarsa, kalangan independen lainnya, juga mengatakan hal senada, pengunduran berbagai tahapan Pilkades karena Corona membuat para kontestan dan pendukung melempem.

Menurutnya, pengunduran ini menjadi baik bila digunakan calon untuk menolong, dan berdampak buruk bila si calon justru apatis dengan keadaan. Sebab, masyarakat lebih cerdas dalam memilih calon, baik yang pro-rakyat atau atau tidak.

“Sehingga, kemungkinan suara nantinya akan lebih condong kepada calon yang secara langsung memperhatikan rakyat dalam situasi seperti ini,” pungkasnya. (Dji/R6/HR-Online)

Loading...