Tanaman Herbal untuk Mencegah Covid-19, Berikut Ini Jenis-Jenisnya

Tanaman Herbal untuk Mencegah Covid-19
Tanaman Herbal untuk Mencegah Covid-19. Foto: Istimewa

Upaya untuk melakukan pencegahan virus Corona masih terus digalakkan, yang salah satunya adalah penemuan tanaman herbal untuk mencegah Covid-19.

Tanaman atau tumbuhan herbal ini memiliki kegunaan, manfaat, serta nilai yang lebih dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Dengan kata lain, seluruh tanaman atau tumbuhan yang memiliki kandungan bahan-bahan atau zat aditif yang berguna untuk mengobati dapat dikategorikan sebagai tanaman herbal.

Dalam konteks ini, tanaman herbal yang dimaksud merupakan tanaman yang dapat dikonsumsi sehingga meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh kita.

Baca juga: Catat, Ini 6 Makanan Penangkal Virus Corona!

Tentu saja, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona. Terdapat berbagai macam tanaman herbalyang dapat kita manfaatkan.

Cara memperolehnya pun terbilang mudah dan murah. Pasalnya, sadar atau tidak, jenis tanaman herbal ini sangat dekat dengan lingkungan kita.

Berbagai Jenis Tanaman Herbal untuk Mencegah Covid-19

Sejak awal tahun 2020 yang lalu, dimana penemuan virus Corona mulai merambah dan menyebar sangat cepat. Berawal hanya dari satu negara, penyebaran virus Corona kini sudah menjalar ke sejumlah negara di dunia.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kini virus Corona sudah menjangkit lebih dari 200 negara.

Nyatanya, virus ini menyebar dengan menelan banyak korban jiwa. Hingga saat ini pun jumlah kematian terus bertambah akibat serangan virus Corona.

Menyaksikan hal mengerikan semacam ini, tentu saja membuat kita terus berupaya mencari cara agar bisa mencegah penularannya tidak semakin luas lagi. Tak terkecuali Indonesia yang masih berupaya dengan keras untuk menghentikan pandemi virus Corona ini.

Baca juga: 4 Jenis Buah Pencegah Virus Corona yang Mesti Anda Konsumsi!

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus ini adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh, dengan cara menjaga pola makan, mengkonsumsi makanan yang bergizi, rajin berolahraga, serta tak lupa mengkonsumsi berbagai macam vitamin.

Selain itu, masyarakat luas juga dapat mengkonsumsi tanaman herbal yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini akan kami paparkan beberapa jenis tanaman herbal untuk mencegah Covid-19.

Daun Kelor

Jenis tanaman herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna mencegah penularan virus Corona adalah daun kelor.

Kelor merupakan salah satu jenis tanaman dengan berbagai kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh kita.

Selain itu, kelor ini juga mempunyai potensi yang sangat baik dalam melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita.

Bahkan tanaman herbal untuk mencegah Covid-19 ini memiliki kandungan nutrisi tinggi. Seperti vitamin C yang 7 kali lebih banyak dari jeruk, kandungan kalsium 4 kali lebih banyak dibandingkan susu, 4 kali vitamin A pada wortel, 3 kali potasium pada pisang, serta 2 kali protein pada susu.

Dengan kandungan nutrisi semacam ini, maka tak heran bila daun kelor dapat berperan untuk meningkatkan sistem imunitas serta dapat melawan berbagai infeksi bakteri maupun virus.

Jahe

Jenis tanaman untuk mencegah Covid-19 yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu jahe.

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat populer dalam kehidupan kita. Jahe ini memiliki peran sebagai rempah-rempah maupun bahan pembuatan obat alami.

Baca juga: Gejala Awal Virus Corona, Dari Flu Sampai Diare

Tanaman herbal untuk mencegah Covid-19 yang sering kita sebut sebagai ginger ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Maka tak heran bila jahe dapat digunakan sebagai tanaman yang dapat mencegah Covid-19. Kandungan jahe diantaranya seperti karbohidrat, air, protein, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan kandungan nutrisi yang lainnya.

Jahe ini memiliki sifat anti inflamasi, anti virus, dan antibakteri sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

Kunyit

Masih berbicara mengenai tanaman herbal untuk mencegah Covid-19. Berikutnya yang dapat kita manfaatkan adalah kunyit.

Kunyit atau kunir ini merupakan tanaman herbal yang mengandung senyawa berkhasiat sebagai obat. Khasiat pada kunyit ini disebut kurkuminoid.

Dimana terdiri dari kurkumin, bisdesmetoksikurkumin sebanyak satu hingga lima persen, desmetoksikumin sebesar sepuluh persen, serta zat-zat bermanfaat lainnya.

Kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri yang terdiri dari turmeron, tumeon 60 persen, keton sesquiterpen, zingiberen sebanyak 25 persen, dan kandungan minyak atsiri lainnya.

Sebagai salah satu tanaman herbal untuk mencegah Covid-19, kunyit memiliki fungsi sebagai anti virus, antioksidan, anti jamur, serta anti peradangan. (R10/HR-Online)

Loading...