Minggu, Desember 5, 2021
BerandaArtikelTanaman untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tetap Fit

Tanaman untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tetap Fit

Tanaman untuk meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi Corona atau Covid-19 banyak tersedia di Indonesa. Pasalnya, Indonesia yang merupakan negara tropis miliki ragam flora atau tanaman, yang bisa dijadikan herbal.

Itulah salah satu keuntungan dari Indonesia yang mempunyai banyak sekali jenis tanaman, yang memiliki khasiat sangat baik untuk tubuh.

Herbal sendiri merupakan tanaman yang memiliki nilai lebih seperti dijadikan dijadikan obat. Herbal yang bersumber dari tanaman sudah dipraktekkan sejak dulu oleh masyarakat Indonesia.

Selain sangat mudah di dapat, tanaman herbal ini juga sangat ampuh mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan lebih baik ketimbang obat dari bahan kimia.

Terlebih saat ini di tengah wabah pandemi Covid-19, tanaman untuk meningkatkan imunitas tubuh sangat diperlukan untuk tetap menjaga vitalitas.

Bahkan, saat pertama wabah Corona menyerang Indonesia, tanaman herbal seperti temulawak, jahe dan sebagainya banyak diburu oleh masyarakat.

Hal itu dikarenakan, tanaman tersebut bisa menjaga bahkan menambah sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Tanaman untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meski bukan merupakan obat untuk menyembuhkan dari serangan virus Corona, namun herbal tersebut bisa mencegah tubuh dari serangan Covid-19.

Selain tentunya diasupi juga dengan makanan bergizi yang kaya vitamin, dilakukan pula pola hidup bersih dan sehat serta rutin berolahraga.

Seperti kita ketahui bahwa virus Corona ini menyerang pada manusia yang sistem kekebalan tubuhnya sedang buruk.

Lantas tanaman apa saja yang bisa meningkatka sistem kekebalan, sehingga bisa menjaga tubuh tetap fit dan mencegah dari serangan Covid-19? Berikut ini daftarnya.

Kencur

Tentunya tanaman untuk meningkatkan imunitas tubuh yang satu ini sudah tidak asing didengar. Ya, kencur sering dijadikan sebagai jamu untuk penambah nafsu makan.

Tanaman herbal ini merupakan salah satu bagian dari bumbu dapur, yang mempunyai aroma khas yang menyeruak serta segar.

Kencur bukan hanya dipakai sebagai bahan tambahan untuk menciptakan rasa pada masakan, namun juga berkhasiat sebagai obat alami atau herbal.

Tanaman herbal ini masuk termasuk dalam familiy jahe. Jadi kencur sendiri ‘keluarga dekat’ lengkuas, jahe serta kunyit.

Selain bermanfaat untuk menambah nafsu makan yang biasa dijadikan jamu beras kencur, tanaman herbal yang satu ini juga bisa menngkal radikal bebas dan virus.

Hal itu disebabkan karena kencur sendiri mengandung senyawa kimia, seperti minyak atsiri, asam sinamat, mineral, pati dan sebagainya plus antioksidan.

Sehingga dengan begitu, tanaman kencur ini sangat berkhasit untuk menambah daya tahan atau kekebalan tubuh.

Jahe dan Kunyit

Tanaman untuk meningkatkan imunitas tubuh lainnya adalah jahe. Seperti disinggung di atas, jahe sendiri masih dalam keluarga kencur.

Khasiat dari tanaman herbal yang satu ini sudah tidak usah diragukan lagi. Hampir semua masyarakat mengetahuinya dan juga sudah mencobanya.

Sehingga tidak aneh jika jahe seringkali dijadikan sebagai campuran jamu, atau minumal tradisional yang kaya akan manfaat.

Pasalnya, tanaman ini memiliki kandungan antioksidan serta antimikroba, yang sangat membantu tubuh yang terkena infeksi, meredakan inflamasi bahkan untuk melawan virus.

Tidak heran jika orang yang terkena serangan flu, maka banyak yang minum air rebusan jahe atau orang sunda menyebutnya bajigur.

Jadi, olahan jahe bisa dijadikan alternatif untuk mencegah virus Corona, sebelum obat Covid-19 ini ditemukan.

Pasalnya, tanaman untuk meningkatkan imunitas tubuh diklaim bisa membantu proses penyembuhan bagi penderita virus Corona selama pemulihan.

Hal itu disebabkan karena tanaman herbal ini terutama jahe merah, di dalamnya terkandung gingerol atau senyawa aktif.

Gingerol tersebut dipercaya dapat melawan respiratory syncytial Covid-19, yang mengakibatkan infeksi pada saluran pernapasan.

Bukan hanya itu, meminum rebusan air jahe merah juga dipercaya bisa meredakan gejala terinfeksi Covid-19, seperti batuk. 

Selain jahe, kunyit juga merupakan tanaman untuk meningkatkan imunitas tubuh. tanaman ini juga sangat mudah didapat, bahkan sering dijadikan bumbu masakan.

Dengan adanya kandungan kandungan antioksidan pada kunyit, maka tanaman ini bisa melawan radikal bebas, sehingga bisa meningkatkandan menjaga sistem imun tubuh.

Selain itu, kunyit juga bisa mengobati masalah kulit serta sistem dalam pencernaan, sampai bisa menghambat perkembangan sel tumor.

Cengkeh

Tanaman yang satu ini juga tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Bahkan, biasanya cengkeh ini terdapat di dalam kue nastar.

Tidak berbeda jauh dengan tanamah herbal yang ada di atas, rempah-rempah yang satu ini juga mempunyai kandungan antioksidan tinggi.

Selain itu, mengandung pula vitamin C serta K dan mineral. Sehingga cengkeh ini merupakan tanaman untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -