Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisTebing Longsor di Baregbeg Ciamis Ancam Rumah Warga

Tebing Longsor di Baregbeg Ciamis Ancam Rumah Warga

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Tebing setinggi kurang lebih 5 meter yang berada persis di depan rumah Dana, warga RT. 03, RW. 01, Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregebeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, longsor saat hujan lebat mengguyur pada Kamis (02/04/2020) sore tadi.

Akibat kejadian itu, rumah Dana terancam amblas terbawa longsor karena tebing tersebut saat ini hanya menyisakan jarak sekitar 1 meter dari teras rumahnya. Jika hujan lebat kembali terjadi dipastikan tebing akan longsor lagi.

“Hujan deras yang terjadi pada Kamis sore tadi sangat deras dan mengakibatkan tebing penyangga rumah saya longsor karena terkikis derasnya air hujan,” tutur Dana, kepada HR Online, saat ditemui di lokasi tebing longsor.

Atas kejadian tersebut, kata Dana, pihaknya langsung melaporkan kepada aparat desa setempat, yang selanjutnya langsung ditinjau olah kepala dusun bersama pihak kepolisian dan Babinsa.

Sementara itu, Kepala Dusun Balemoyan, Nur Ali, mengatakan, setelah dicek ke lokasi, ternyata benar rumah Dana terancam terbawa longsor, karena tebing setinggi 5 meter itu tergerus air hujan.

“Memang sebelumnya tebing tersebut sudah longsor, namun sekarang terjadi lagi sehingga mengcam rumah warga yang persis di samping tebing. Bahkan tidak hanya itu, longsor juga bisa mengancam rumah warga lainnya yang berada di bawahnya,” terangnya.

Lebih lanjut Nur Ali mengatakan, selain akibat hujan, longsor juga terjadi karena di bawah tebing tersebut terdapat aliran selokan yang mengalirkan air ke kolam milik warga sekitar. Saat debit airnya cukup deras maka akan mengikis tanah tebing tersebut.

Atas peristiwa ini, pihaknya pun mengimbau kepada warga untuk lebih waspada, terlebih jika hujan kembali turun. Karena, tidak menutup kemungkinan terjadi longsor lagi. Bila perlu, ketika hujan turun warga diimbau untuk segera menghindar.

“Saya sudah langsung melaporkan kepada pihak Desa Mekarjaya supaya tebing yang longsor sekarang bisa segera diperbaiki, apalagi kondisinya sekarang membahayakan,” kata Nur Ali. (es/R3/HR-Online)