Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisDiguyur Hujan Deras, Tebing Sungai Citalahab Ciamis Longsor Ancam Rumah Warga

Diguyur Hujan Deras, Tebing Sungai Citalahab Ciamis Longsor Ancam Rumah Warga

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Hujan deras yang mengguyur wilayah kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membuat arus sungai Citalahab meluap dan mengikis tebing sepanjang lebih dari 50 meter.

Akibat terkikisnya tebing tersebut, puluhan rumah warga di Dusun Lumbungsari RT 14 RW 05 Desa/Kecamatan Pamarican yang berada di atas tebing longsor tersebut kini terancam bahaya.

Salah saatu Perangkat Desa Pamarican, Asep Zaenal Arifi membenarkan kejadian longsornya tebing sungai Citalahab tersebut. Kata dia, kejadian longsornya tebing sungai Citalahab tersebut terjadi pada Sabtu (4/4/2020) sore saat hujan deras mengguyur wilayah kecamatan Pamarican.

“Ada sekitar 50 meter tebing yang longsor. Sementara tak jauh dari lokasi itu banyak pemukiman warga yang kini ikut Terancam. Warga kini sudah mulai gelisah takut akan ada longsor susulan,” katanya kepada HR Online Senin (6/4/2020).

Saat ini, pihak Desa Pamarican sudah melaporkan kejadian ini ke pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, agar segera mendapat penanganan.

“Kami sedang membuat proposal pengajuan TPT atau bronjong untuk persoalan tebing longsor ini. Mudah mudahan ajuan kami bisa segera terealisasikan,” ungkapnya. (Suherman/R8/HR Online)