Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisTebing Sungai Citalahab Ciamis Longsor, Membahayakan Rumah Warga

Tebing Sungai Citalahab Ciamis Longsor, Membahayakan Rumah Warga

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tebing sungai Citalahab yang berada di Dusun Pamarican, RT 09 RW 03, Desa/Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, mengalami abrasi hingga mengancam rumah warga.

Kepala Dusun Pamarican, Asep Zaenal Arifin kepada HR Online, Kamis (09/04/2020), mengatakan, longsornya tebing sungai tersebut terjadi ketika arus sungai mengalami peningkatan.


Derasnya arus sungai mengikis tebing dan longsor pun tak bisa dihindarkan. Kondisi ini sangat membahayakan warga.

“Yang longsornya lumayan panjang, namun yang kami khawatirkan bukan terkait abrasinya. Namun ada longsoran tebing sungai yang terus membesar dan kini mendekati rumah warga di dusun kami,” ungkap Asep.

Lanjut Asep, jarak rumah yang terancam kini sudah sangat dekat dengan tebing sungai, sehingga butuh upaya penanganan segera.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, sungai Citalahab yang berada di Dusun Lumbungsari, RT 14 RW 05, Desa/Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis juga mengalami abrasi hebat hingga mengancam puluhan rumah warga yang dekat dengan sungai tersebut.

Baca Juga: Tebing Sungai Citalahab di Pamarican Ciamis Longsor Ancam Jembatan Gantung

Selain itu, tebing Sungai Citalahab di Dusun Tamansari, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, juga longsor.

Akibatnya, bagian pondasi jembatan gantung yang ada di sekitar lokasi longsor terancam amblas. Longsornya tebing sepanjang 30 meteran itu juga mengancam perekonomian warga.(Suherman/R7/HR-Online)