Teori Sains Populer Ini Sudah Eksis Sejak Lama

Teori Sains Populer Ini Sudah Eksis Sejak Lama
Teori Informasi, Claude Shannon, 1948

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Teori sains merupakan ilmu dimana di dalamnya membahas tentang sains. Sains disini mempunyai teori yang begitu bermacam-macam, namun hanya beberapa yang digunakan dan terpercaya.

Dalam sains, tentu pembahasan yang ada di dalamnya begitu luas, sehingga dapat memunculkan teori yang juga beragam.

Teori Sains Populer

Teori Informasi, Claude Shannon, 1948

Dalam teori ini tidak ada pendahuluannya, namun teori informasi menerapkan tentang disiplin ilmu dalam bidang matematika terapan yang berkaitan dengan jumlah data.

Mengapa demikian, karena dalam teori informasi ini Shannon memberikan dasar matematika untuk perkembangan revolusioner. Sehingga teori ini dapat diterapkan dalam sains, dalam bidang matematika dan sejenisnya.

Game Theory, John Von Neumaan Dan Oskar Morgenstern, 1944

Berbeda dengan teori diatas, namun teori yang ini lebih kepada bidang ekonomi. Teori Game Theory dikembangkan untuk metode analisis ekonomi mikro pada tingkat menengah mengenai pengambialn keputusan.

Untuk lebih tepatnya, teori ini berisikan peraturan yang menentukan kemungkinan, lebih tepatnya dalam urusan bisnis, sehingga teori ini memang dibuat untuk bidang ekonomi.

Teori Oksigen Pembakaran, Antoine Lavoisier, 1770

Teori sains populer yang selanjutnya yakni teori oksigen pembakaran, dimana teori ini menekankan pada kimia. Ini karena Lavoisier mempelajari hokum, namun bakat yang terasah dalam otaknya yakni kimia.

Sehingga beliau menamai teori ini pada tahun 1770, dimana teori tersebut mengarah pada bidang kimia. Teori ini cocok bagi Anda yang ingin mengenal tentang kimia.

Plate Tectonics, Alfres Wegener, 1912

Teori ini jelas terlihat dari nama teorinya, yakni Plate Tectonics. Teori ini membahas mengenai sesuatu yang berhubungan dengan alam luar angkasa.

Teori ini lebih mendalami tentang bukti-bukti pergerakan skala besar yang dilakukan oleh litosfer bumi. Teori ini membuat Alfres yang menamainya semakin menyadari bahwa benua bisa hanyut.

Statistical Mechanics, James Clerk Maxwell, Akhir Abad 19

Teori ini merupakan teori yan muncul pada abad 19, dimana dalam teori ini menjelaskan perilaku statistic atom dan molekul, mekanika statistic termodomika.

Teori ini memberikan bukti yang kuat tentang adanya atom. Jadi terlihat jelas bahwa teori ini dalam menjelaskan dan terarah pada bidang fisika.

Beberapa teori tersebut baru sebagian teori yang ada pada zamannya. Karena itu, Teori sains populer merupakan teori yang sudah ada sejak zaman dahulu. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...