Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisTerdampak Wabah Covid-19, PKL di Alun-alun Ciamis Sepi Pembeli

Terdampak Wabah Covid-19, PKL di Alun-alun Ciamis Sepi Pembeli

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Terdampak wabah virus Corona (Covid-19), kawasan Taman Alun-alun Ciamis, Jawa Barat, sepi pengunjung, meskipun cuaca cerah.

Kondisi tersebut membuat sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang masih berjualan di lokasi Taman Alun-alun Ciami pun merana karena kini tak ada lagi pembeli.

Padahal sebelum ada wabah virus Corona, kawasan Taman Alun-alun Ciamis tidak pernah sepi pengunjung dan menjadi lokasi keramaian dari sore hingga malam hari.

Namun, setelah Pemda Ciamis melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19 dengan mengimbau warganya untuk diam di rumah, secara otomatis tempat keramaian yang biasanya dikunjungi warga menjadi sepi.

“Biasanya Taman Alun-alun Ciamis setiap hari ramai dikunjungi warga, baik warga Ciamis maupun warga dari luar yang singgah sekedar istirahat sambil membeli kopi,” tutur Lopi, salah seorang PKL di Alun-alun Ciamis, ketika ditemui HR Online, Rabu (08/04/2020) malam.

Ia juga mengungkapkan, dengan adanya wabah virus Corona ini, warga yang biasanya main ke taman sekarang tidak ada lagi. Kalaupun memaksakan untuk datang ke taman, pasti dibubarkan oleh petugas. 

Lopi mengatakan, dampak dari sepi pengunjung taman berimbas juga terhadap para PKL yang biasa mangkal di sekitaran taman. Saat ini mereka terpaksa tidak berjualan.

“Sekarang ketika larangan diberlakukan oleh pemerintah, untuk sementara kami juga tidak akan berjualan di lokasi taman untuk menghundari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Menurut Lopi, kalaupun memaksa berjualan, tetap saja tidak akan mendapatkan untung karena tidak ada warga yang jajan.

Bahkan, kataLopi, jika sudah memasuki jam 9 atau jam 10 malam, suasana di Taman Alun-alun Ciamis benar-benar sepi. Terlebih jika hujan, taman tersebut seperti tidak ada lagi kehidupan.

Dirinya sebagai pedagang kaki lima berharap wabah virus Corona cepat berakhir, sehingga taman Alun-alun Ciamis banyak dikunjungi warga lagi, dan PKL juga tidak akan sepi pembeli.

“Untuk itu, agar virus Corona cepat pergi maka kita harus patuhi aturan pemerintah, dan mari bersama-sama melakukan penanganan,” ujarnya. (es/R3/HR-Online)