Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruTerinfeksi Virus Corona Tanpa Gejala, Apa Saja Cirinya?

Terinfeksi Virus Corona Tanpa Gejala, Apa Saja Cirinya?

Terinfeksi virus Corona tanpa gejala kemungkinan besar memang bisa terjadi. Mengingat penyebarannya sudah terlalu parah.

Bahkan ada beberapa orang yang sudah dinyatakan meninggal meski belum terbukti positif. Hal ini dapat diketahui dari beberapa laporan kasus mengenai pasien dalam pengawasan.

Bisa dibilang bahwa jumlah pasien semakin meningkat. Terlebih lagi masih banyak orang yang terpapar virus ini. Meskipun orang tersebut tidak merasakan gejala apapun. Hal ini memang sangat mengkhawatirkan banyak orang.

Baca juga: Masa Inkubasi Virus Corona di Dalam Tubuh, Berapa Waktu yang Dibutuhkan?

Oleh karena itu, dari awal pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk tetap  di rumah. Kebijakan ini mungkin terdengar sederhana. Bahkan masih ada beberapa orang yang tidak mematuhi kebijakan ini.

Ciri Orang Terinfeksi Virus Corona Tanpa Gejala

Merebaknya virus Corona memang menimbulkan keresahan dalam skala internasional. Vaksin untuk mengatasi virus ini juga belum ditemukan.

Hal ini membuat beberapa negara melakukan lockdown. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Virus Corona ini hadir dengan karakteristik yang berbeda. Gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan flu biasa. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang bisa menjadi pembeda.

Namun kini virus Corona memiliki karakteristik yang baru. Salah satunya adalah tidak menimbulkan gejala, namun bisa mematikan. Orang yang terinfeksi Virus Corona tanpa gejala menjadi susah dikenali.

Hal ini membuat penyebaran virus Corona lebih mudah. Sehingga banyak orang bisa saja menjadi pasien nantinya. Oleh karena itu, kebijakan untuk tetap di rumah tidak boleh disepelekan.

Terkadang masih banyak orang yang menganggap hal ini remeh. Padahal akibatnya begitu besar. Apalagi kini orang yang terjangkit virus sudah tidak memberikan gejala apapun.

Baca juga: Asal Usul Virus Corona Berdasarkan Ilmu Sains

Hal ini bisa saja terjadi jika orang tersebut memiliki daya tahan atau imun yang kuat. Daya tahan tubuh yang begitu kuat akan membuat seseorang bertahan lebih lama. Bahkan gejala yang ditimbulkan juga tidak terlalu parah.

Gejala yang ditimbulkan termasuk dalam kategori ringan. Meskipun begitu, hal ini harus tetap diwaspadai. Tidak ada gejala bukan berarti tidak ada ciri yang bisa menjadi tanda. Berikut ini beberapa ciri dari orang yang terinfeksi virus Corona tanpa gejala.

Indera Perasa yang Tidak Berfungsi

Gejala yang tidak nampak bisa saja diakibatkan oleh indera perasa yang mati. Hal ini memang bisa terjadi bahkan sangat mungkin terjadi.

Bagi seseorang, kehilangan indera perasa juga wajar terjadi. Dalam istilah kedokteran, hal ini bisa disebut dengan Anosmia.

Kehilangan indera perasa ini dapat membuat beberapa gejala tidak nampak. Seperti sakit kepala dan sesak nafas.

Orang yang terinfeksi virus Corona tanpa gejala ini akan terlihat seperti orang biasa. Sehingga anda harus tetap menjaga jarak dalam radius tertentu.

Bahkan anda juga perlu untuk meminimalisir kontak fisik. Salah satu cara yang bisa menjadi solusi adalah melakukan tes terlebih dahulu.

Anda bisa mengunjungi rumah sakit untuk melakukan tes terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan keadaan anda.

Kalangan Usia Muda

Dalam beberapa kasus orang yang terinfeksi virus Corona memang menimbulkan gejala. Salah satu hal yang paling signifikan adalah masalah pernafasan.

Orang yang terinfeksi virus Corona tanpa gejala juga dibawa oleh kalangan remaja. Meskipun kasus ini tidak didominasi oleh kalangan usia muda.

Baca juga: Virus Corona dari Meteor Sebagaimana Klaim Ilmuwan Inggris, Benarkah?

Namun usia muda memberi peran besar dalam penularan virus Corona. Hal ini dikarenakan kalangan remaja memiliki daya tahan tubuh lebih kuat. Sehingga gejalanya tidak terlalu terlihat.

Ciri diatas membuktikan bahwa kini virus Corona lebih berbahaya. Ketika gejala muncul pun belum bisa diatasi. Masih ada yang terinfeksi hingga meninggal. Bahkan jumlahnya terus meningkat.

Apalagi saat ini yang tidak memiliki gejala. Tentu saja akan lebih sulit untuk dikendalikan. Meskipun merasa sehat, namun akan lebih baik jika tetap melakukan pemeriksaan.

Gejala yang ditimbulkan mungkin terlihat lebih sederhana. Bahkan tidak terlihat seperti orang sakit. Orang yang tidak memiliki gejala juga akan bertindak layaknya orang sehat.

Orang yang terinfeksi virus Corona tanpa gejala juga terlihat lebih bugar. Sehingga kebijakan tetap di rumah harus dilaksanakan. Bisa saja anda merasa sehat, namun anda sendiri yang menularkan virus tersebut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -