Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarTerpapar Pasien Positif Corona, 15 Orang Ditetapkan Sebagai OTG di Kota Banjar

Terpapar Pasien Positif Corona, 15 Orang Ditetapkan Sebagai OTG di Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 15 orang ditetapkan sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala) di Kota Banjar, Jawa Barat. Hal itu berdasarkan hasil tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terhadap kontak erat pasien positif Corona kedua di Kota Banjar.

Dari data yang dibagikan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar, terlihat 14 orang OTG dari Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari. Sementara 1 OTG di Kota Banjar lainnya berasal dari Desa Mekarsari, Kecamatan Banjar.

Seperti diketahui sebelumnya, pasien positif Corona di Kota Banjar bertambah jadi 2 orang. Pasien tersebut diketahui merupakan seorang laki-laki berusia sekitar 80 tahun yang sebelumnya dirawat di ruang isolasi RSUD Banjar.

Baca Juga: Pasien Positif Corona dari Kota Banjar Bertambah Jadi 2 Orang, Langensari Zona Merah

Pada Jum’at, 10 April 2020, pasien kemudian dipulangkan ke rumahnya di Desa Waringinsari. Namun pada 12 April 2020, pasien dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil tes PCR.

Pasien diketahui dijenguk oleh para tetangganya yang tidak mengetahui jika pasien terpapar virus Corona. Para tetangga menyangka pasien hanya sakit karena penyakit asma seperti yang selama ini dideritanya.

Sementara itu 1 orang OTG yang berasal dari Desa Mekarsari adalah seorang sopir yang mengantar pasien ketika pulang dari RSUD Banjar.

Penjelasan OTG di Kota Banjar

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar, Ir. Tomy Subagja, mengatakan, OTG atau Orang Tanpa Gejala merupakan orang yang melakukan kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Supaya tidak salah tafsir, saya sampaikan kembali, definisi istilah pasien Covid berdasarkan panduan Covid-19 versi ke-4,” kata Tomy, Selasa (14/4/2020).

Baca Juga: 2 Pasien Positif Covid-19 Kota Banjar, Dari Mana Tertular Virus Corona?

Selain Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), OTG merupakan istilah baru dalam panduan Covid-19.

“OTG adalah seseorang yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari pasien konfirmasi Covid-19. OTG ini melakukan kontak erat dengan kasus konfirmasi Covid-19,” jelas Tomy.

Selain itu, Tomy juga menyampaikan update data Corona per Selasa, 14 April 2020, pukul 14.00 WIB. Menurutnya, jumlah ODP saat ini di Kota Banjar sebanyak 134 orang, PDP 27 orang, dengan rindian dari Banjar 16 orang, dan luar Banjar 11 orang.

Selanjutnya untuk pasien positif Covid-19 yang saat ini tengah dirawat di Kota Banjar sebanyak 3 orang, dengan rincian 2 orang dari Kota Banjar, dan 1 orang dari luar Banjar. (R7/HR-Online)