Minggu, Desember 4, 2022
BerandaBerita TerbaruTeter Kayu Serang Furnitur Rumah, Begini Solusinya

Teter Kayu Serang Furnitur Rumah, Begini Solusinya

Teter kayu merupakan sejenis kumbang berukuran kecil yang dapat merusak furnitur rumah anda yang terbuat dari kayu. Teter kayu seringkali tanpa disadari membuat kayu dirumah menjadi keropos.

Terdapat dua jenis teter yang seringkali merusak, yaitu jenis pengebor dan jenis serbuk, keduanya memang terlihat mirip, hanya berbeda dari moncongnya saja.

Ukurannya yang sangat kecil, hanya berukuran sekitar 2-5 mm membuat kita kesulitan untuk mengetahui apakah furnitur rumah diserang teter atau tidak.

Oleh karena itu, pencegahan sejak awal harus dilakukan supaya furnitur atau perabotan Anda tidak terkena teter kayu yang membuatnya jadi rusak.

Mencegah kayu dimakan teter kayu harus dilakukan sebelum kayu yang akan dijadikan perabotan rumah diolah atau sebelum digunakan.

Kenapa demikian?, karena seperti tadi dikatakan, hama kayu ini sangat sulit dideteksi keberadaannya disebabkan ukurannya yang sangat kecil, jadi tau-tau sudah rusak.

Sebenarnya, dari dulu sudah ada cara supaya bahan kayu tidak dimakan teter kayu bahkan rayap sekalipun, yaitu dengan direndam dalam air dengan waktu yang sangat lama.

Namun, berhubung sekarang ini produksi yang menggunakan bahan kayu sangatlah banyak, maka cara itu sudah dianggap jadul karena membutuhkan waktu yang lama.

Cara Mencegah dan Membasmi Teter Kayu

Supaya furnitur menjadi kuat dan tidak dirusak tapi juga tidak menghambat produksi atau pembuatan furnitur, Nah Anda bisa menggunakan Insektisida.

Insektisida merupakan sejenis zat kimia yang dapat melapisi kayu supaya tidak terkena teter bahkan rayap, Insektisida sangat mudah dicari di toko-toko bangunan.

Namun, kita tidak bisa sembarangan menggunakan Insektisida, karena terbuat dari bahan Kimia jadi bisa saja membahayakan kesehatan atau justru berbahaya untuk kayu.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui cara menggunakan Insektisida supaya efektif melindungi kayu namun tidak membahayakan, berikut beberapa caranya.

1. Memilih Insektisida Jenis Neuristik

Pertama-tama Anda harus memilih terlebih dahulu insektisida yang tepat. Nah, Insektisida jenis Neuristik adalah salah satu rekomendasi jenis yang tepat.

Jenis ini merupakan Insektisida pembunuh sarap yang sangat ampuh untuk membasmi teter kayu bahkan hingga telurnya, karena yang sangat berbahaya adalah telurnya.

Selain jenis Neuristik Anda juga bisa menggunakan Insektisida 100 EC yang juga terbilang ampuh untuk mencegah teter kayu.

2. Menggunakan Alat Pelindung Diri

Sebelum Anda menggunakan insektisida, sebaiknya gunakan dulu alat pelindung diri untuk menjaga keselamatan Anda.

Alat pelindung diri yang paling utama adalah sarung tangan yang terbuat dari karet, masker serta kacamata untuk melindungi mata, selain itu Anda disarankan menggunakan baju panjang ketika akan menggunakan Insektisida.

Cara Penerapan Pada kayu

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan insektisida, pertama dengan mengoleskannya sebagai finising atau dengan dicampur menjadi larutan untuk merendam kayu.

Ada baiknya kedua cara itu dilakukan, bagian perendaman adalah untuk melindungi kayu dari dalam, karena dengan merendam kayu, insektisida akan meresap kedalam serat kayu.

Selanjutnya adalah finising dengan mengoleskan insektisida terhadap kayu sebelum dilakukan pengecatan, menggunakan cat yang berkualitas juga akan berpengaruh terhadap kekuatan kayu.

Cara kedua ini bisa juga digunakan untuk furniture yang sudah terkena teter kayu, yaitu dengan memeriksa lapisan finishing, ketika ditemukan sudah rusak, maka lapisi kembali dengan insektisida dan cat.

Teter kayu termasuk perusak kayu terbanyak setelah rayap, oleh karena itu pencegahan sebaiknya dilakukan sebelum furnitur atau perabotan rumah sudah benar-benar rusak. (Muhafid/R6/HR-Online)