Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita CiamisTim Gabungan di Ciamis Dirikan Dapur Umum Beri Makan Warga di Jalanan

Tim Gabungan di Ciamis Dirikan Dapur Umum Beri Makan Warga di Jalanan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Tim gabungan yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis, Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis mendirikan dapur umum. Dapur umum tersebut didirikan untuk memberi makan warga di jalan di saat pandemi Corona atau COVID-19.

Dapur umum tersebut didirikan di kawasan Alun-alun Ciamis. Relawan Tagana dari pagi hari mulai memasak bahan-bahan pokok yang di drop TNI-Polri. Makanan yang sudah dimasak  tersebut dibagikan kepada masyarakat pada jam makan siang sekitar pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB.

Setiap harinya, ada sekitar 150 porsi makan yang dibagikan kepada masyarakat. Menunya pun berbeda-beda tiap harinya, sesuai dengan bahan masakan yang dikirim TNI-Polri.

Ketua FK Tagana Ciamis, Ade Waluya menyebut, dapur umum ini hanya didirikan di satu lokasi saja di Ciamis kota. Makanan yang dimasak diberikan kepada warga yang melintas, dan warga yang beraktivitas di pusat kota seperti ojek, tukang parkir, tukang becak dan lainnya.

“Sasaran yang menerima makanan dari dapur umum ini adalah warga yang berada di jalanan, mulai dari pemotor, ojek, tukang parkir, tukang becak, hingga pemulung atau siapa saja yang membutuhkan. Minimalnya untuk makan siang, mereka tak usah beli,” ujar, Rabu (15/4/2020).

Kata dia, dapur umum ini sengaja didirikian untuk penanganan dampak pandemi corona. “Kondisi saat ini memang sulit akibat wabah coronaini, terutama warga kecil, mereka bisa saja susah cari makan,”katanya.

Lebih lanjut Ade Waluya mengatakan, dapur umum ini rencananya akan dibuka 10 hari, hingga menjelang bulan Ramadan tiba. Namun tidak menutup kemungkinan, dapur umum ini akan tetap beroperasi sampai ramadan, nanti bisa digunakan untuk bagi-bagai takjil kepada warga yang akan berbuka. (Fahmi2/R8/HR Online)

- Advertisment -