Tips Hemat Kuota Selama WFH yang Mudah, Apa Saja?

Tips Hemat Kuota Selama WFH
Tips Hemat Kuota Selama WFH. Foto: Istimewa

Tips hemat kuota selama WFH perlu anda coba agar tetap nyaman dan produktif ketika bekerja. Kebijakan WFH kini sudah diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Istilah WFH ini muncul akibat kebijakan pemerintah terkait dengan pandemi COVID-19.

Bekerja dari rumah kini sudah dirasakan oleh semua masyarakat yang ada di Indonesia. Kebijakan ini harus benar-benar dipatuhi agar tidak terpapar pandemi Corona.

Kebijakan ini membuat banyak orang harus siaga kuota internet. Tidak hanya para pekerja saja, tetapi juga para pelajar dan mahasiswa. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar juga sudah dialihkan menjadi daring.

Baca juga: Aplikasi Kecilin, Penghemat Kuota Karya Anak Bangsa

Bagaimana Tips Hemat Kuota Selama WFH?

Pandemi COVID-19 memiliki penyebaran yang sangat cepat. Sehingga masyarakat perlu melakukan isolasi diri agar lebih aman. Salah satu isolasi yang bisa dilakukan adalah melakukan WFH. Hal ini juga perlu anda lakukan jika memiliki status sebagai pegawai atau karyawan.

Berbicara mengenai WFH atau bekerja di rumah memang terkesan sulit. Sebab, para pekerja harus tetap terhubung dengan internet. Hal yang terpenting adalah harus menguasai penggunaan teknologi.

Begitupun dengan para pelajar. Salah satu kendala dari adanya WFH ini adalah sinyal dan juga kuota. Inilah yang menjadi keluhan banyak orang ketika bekerja.

Oleh karena itu, ada beberapa tips hemat kuota selama WFH yang perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan ini untuk keefektifan para pegawai yang sedang bekerja.

Hemat kuota memang perlu dilakukan agar penggunaan tidak terlalu boros. Jika kuota cepat habis, maka pekerjaan akan terganggu. Waktu yang dibutuhkan juga tidak efisien. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips untuk menghemat kuota saat WFH.

1. Memperhatikan Penggunaan Browser Saat WFH

Tips yang pertama adalah anda perlu memperhatikan penggunaan browser. WFH atau bekerja di rumah tentunya memungkinkan pengguna untuk menggunakan browser. Perlu diketahui bahwa penggunaan browser sangat mempengaruhi kuota internet.

Ada banyak browser yang bisa digunakan untuk membantu proses WFH. Salah satunya adalah aplikasi browser bawaan dari smartphone. Anda bisa melihat penggunaan data internet pada salah satu browser yang digunakan.

Baca juga: Setting Aplikasi Android dengan Benar Biar Hemat Kuota Internet

Setelah itu, anda bisa membatasi penggunaan datanya. Tips hemat kuota selama WFH ini sebaiknya juga diimbangi dengan menggunakan browser yang lebih irit. Salah satunya adalah Opera Mini.

2. Mengaktifkan Peringatan Penggunaan Data

Tips hemat kuota saat WFH yang bisa digunakan adalah mengaktifkan peringatan. Setiap smartphone telah dilengkapi dengan fitur peringatan data. Fitur ini sangat membantu pengguna smartphone untuk menghemat kuota.

Anda bisa mengatur penggunaan data dan batas penggunaannya. Dengan begitu, secara otomatis akan muncul notifikasi peringatan data. Hal ini membuat penggunaan kuota data akan diminimalisir.

Pembatasan ini juga akan membantu pengguna agar tidak menyalahgunakan penggunaan kuota internet. Terkadang banyak orang yang melakukan penggunaan data untuk bersosial media. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kuota internet.

3. Mengatur Fitur Update Software

Tips hemat kuota selama WFH yang selanjutnya adalah pengaturan update software. Hampir semua smartphone pasti pernah mengalami update software.

Perlu diketahui bahwa update software membutuhkan kuota data yang besar. Bahkan disarankan untuk menggunakan wifi agar tidak boros.

Namun anda bisa mengatasi update software ini dengan mengubah pengaturan. Anda bisa mengubah pengaturannya menjadi Wifi Saja.

4. Menggunakan Mode Offline pada Maps

Salah satu faktor yang menjadi pemicu borosnya kuota adalah aplikasi Maps. Perlu diketahui bahwa Maps bisa menguras kuota.

Tips hemat kuota selama WFH yaitu mengubah mode Maps menjadi mode offline. Seperti yang diketahui bahwa terdapat kebijakan social distancing dan juga di rumah aja. Sehingga untuk beberapa hari kedepan anda bisa menggunakan mode offline pada Maps.

5. Mencari Tahu Aplikasi yang Boros Kuota

Selanjutnya adalah mencari tahu aplikasi yang menguras banyak kuota. Sebab, ada beberapa aplikasi yang menggunakan banyak kuota.

Oleh karena itu, anda bisa membatasi penggunaan datanya. Tips lain yang bisa anda gunakan adalah mencopot aplikasi tersebut.

Baca juga: Begini Cara Menghemat Kuota Data Instagram agar Tak Menguras Isi Dompet

Namun pastikan bahwa aplikasi yang digunakan benar-benar tidak terpakai. Dengan begitu, anda bisa meminimalisir penggunaan data.

Beberapa tips hemat kuota selama WFH bisa dilakukan agar tidak semakin boros. Cara diatas bisa anda lakukan dengan mudah melalui pengaturan. (R10/HR-Online)

Loading...