Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTNI dan Polisi Bagikan Masker Gratis di Perbatasan Ciamis-Pangandaran

TNI dan Polisi Bagikan Masker Gratis di Perbatasan Ciamis-Pangandaran

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tim gabungan TNI dan Kepolisian Banjarsari, Kabupaten Ciamis membagikan masker gratis kepada warga yang melintas di perbatasan Ciamis-Pangandaran, tepatnya di Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari.

Selain anggota TNI dan Kepolisian, terlihat sejumlah ormas ikut membagikan masker di perbatasan tersebut. 

Kapolsek Banjarsari, Kompol Sayimin, mengatakan, selain memantau arus mudik dari zona merah, pihaknya melakukan kegiatan bagi-bagi masker untuk warga. 

Sementara itu pengawasan di perbatasan Ciamis-Pangandaran terus ditingkatkan. Apalagi saat ini DKI Jakarta sudah memberlakukan zona merah.

Untuk warga yang melintas dan tidak menggunakan masker, diwajibkan untuk memakai masker. Mereka harus kembali ke rumah untuk mengambil masker terlebih dahulu.

Sebelumnya, intruksi penggunaan masker saat keluar rumah juga sudah dikeluarkan oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Hal tersebut sesuai dengan anjuran dari pemerintah pusat dan WHO. Jika dulu masker hanya untuk dipakai oleh orang sakit.

Maka kebijakan dari WHO saat ini semua orang yang keluar rumah, apalagi bagi yang bepergian ke tempat-tempat umum diwajibkan untuk memakai masker.

Kebijakan ini dikeluarkan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, dimana virus penyebab Covid-19 ini menular lewat droplet atau percikan dahak dan cairan tubuh yang dikeluarkan saat batuk atau bersin.

Penggunaan masker diyakini bisa menghindari terpercik droplet dari orang lain. Masker yang digunakan bisa dari kain, karena masker bedah diutamakan untuk para tenaga kesehatan.

Masker kain yang dianjurkan untuk dipakai saat keluar rumah bisa memakainya dengan berlapis atau disisipi tissu. (Entang/R7/HR-Online)