Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruToyota Yaris Cross, Hadir dengan Ukuran Dimensi Lebih Besar

Toyota Yaris Cross, Hadir dengan Ukuran Dimensi Lebih Besar

Kabar gembira kembali datang dari segmen pasar otomotif, berkat kehadiran Toyota Yaris Cross. Belum lama ini, Model mobil anyaran tersebut telah secara resmi diumumkan oleh pihak Toyota.

Tentu saja, sejak awal kemunculannya, mobil terbaru yang diberi nama Yaris Cross ini seketika langsung dilirik oleh para pecinta kendaraan roda empat.

Yaris Cross telah muncul ke permukaan dengan mengusung desain SUVnya yang sangat khas. Sebenarnya, pihak Toyota tak ingin membuat penggemarnya menunggu terlalu lama.

Rencana yang sudah disusun, dimana Yaris Croos ini akan diluncurkan lewat ajang Geneva Motor Show 2020 pada bulan Maret, harus mengalami penundaan karena pandemi virus Corona. Meskipun demikian, kita masih bisa bersyukur karena mobil keren tersebut jadi diperkenalkan dalam waktu dekat.

Spesifikasi Toyota Yaris Cross

Akhirnya, pada hari Kamis tanggal 23 April 2020, Yaris Cross menjalani debut pertamanya sebagai SUV kompak terbaru dari Toyota.

Dilansir dari berbagai sumber terkait, Yaris Cross ini merupakan mobil SUV yang menggunakan platform TNGA-B dengan ukuran lebih kecil dibandingkan C-HR.

Walaupun demikian, SUV kompak dari Toyota ini memiliki tampang yang jauh lebih besar dari Yaris reguler yang berada dalam segmen hatcback. Toyota sendiri sudah menjanjikan bekalan spesifikasi yang lebih modern dan canggih pada Yaris ini.

Maka dari itu, sebelum anda merasa semakin penasaran lagi dengan bekalan spesifikasi Toyota Yaris Cross, pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkannya untuk anda. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Desain

Bila kita melihat dari setiap sisi bodi Yaris Cross, terlihat desain yang tampak ciamik dan futuristik. Setiap lekuk garis bodinya diperlihatkan dengan sangat menggoda.

Seketika, membuat pengguna mobil dibuat terpikat olehnya. Meskipun Yaris Cross ini masih mengambil basis dari Yaris sebelumnya, akan tetapi hal ini tak mengurangi kemegahan tampilan luar yang ia pertontonkan.

Yaris Cross telah dipercaya memperlihatkan tampilan yang gagah perkasa dan tampak tangguh. Apalagi, ukuran dimensi yang dibawanya saat ini memiliki angka lebih.

Dimana Toyota Yaris Cross mempunyai panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.560 mm, serta ukuran wheelbasenya 2.560 mm.

Dengan kata lain, Yaris Cross ini terbukti 240 mm lebih panjang, 20 mm lebih lebar, serta 90 mm lebih tinggi dibandingkan Yaris sebelumnya.

Soal desain Yaris Cross, tak cukup sampai di situ saja. Mobil anyaran dari Toyota ini telah dibalut dengan warna yang tegas dan juga lembut.

Kelembutan yang diperlihatkannya, tercermin dari tampilan yang terlihat sederhana. Akan tetapi, Yaris Cross tetap mempertahankan ciri khas dari mobil SUV berkat adanya overfender di seluruh bodinya.

Sedangkan untuk tampilannya yang tegas, terlihat dari pilihan warna kelir yang dipilihkan yaitu Brass Gold. Sentuhan plastik warna hitam yang melekat pada fender depan serta belakang hingga menyeluruh ke sisi bempernya, memberikan keyakinan pada bodi Toyota Yaris Cross yang kokoh.

Bila kita melihat lebih detail lagi, Yaris Cross menggunakan pelek dengan ukuran yang cukup lebar yakni 18 inci dan dilengkapi motif dual tone.

Jantung Pacu

Beralih ke spesifikasi Yaris Cross selanjutnya, yaitu performa dan kemampuan jantung pacu yang dimiliki. Pada dasarnya, terdapat dua pilihan tenaga penggerak yang akan dibenamkan pada mobil andalan Toyota ini, yaitu mesin bensin dan juga hybrid.

Sudah dapat dipastikan bahwa tenaga serta kekuatan mesin yang dihasilkan oleh Yaris Cross ini mampu menghadirkan kecepatan maksimal. Tak heran bila nantinya akan menunjukkan kelincahan saat beradu di jalanan.

Toyota Yaris Cross telah dibekali dengan mesin hybrid yang mana mengandalkan mesin bensin 1.500 cc tiga silinder.

Sebagai bentuk kesempurnaan jantung pacunya, juga ditambah dengan motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga setara 113,9 dk. Sedangkan untuk jenis transmisinya, Yaris Cross akan dibekali dengan Direct Shift-CVT serta manual 6 percepatan.

Beredar kabar, sudah ada perencanaan bahwa Yaris Cross akan mulai diperjualbelikan di negara Jepang pada pertengahan tahun ini.

Untuk pasar di Australia, juga akan dipasarkan mulai akhir tahun ini. Sedangkan untuk pasar di Eropa, akan mulai dijual pada tahun 2021 mendatang.

Namun, hingga saat ini pihak Toyota belum memberikan berapa kiranya estimasi harga untuk Toyota Yaris Cross tersebut. (R10/HR Online)

- Advertisment -