Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranDiguyur Hujan Deras, TPT Rumah Warga Bojongkondang Pangandaran Ambruk

Diguyur Hujan Deras, TPT Rumah Warga Bojongkondang Pangandaran Ambruk

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Akibat diguyur hujan deras, benteng rumah milik Surjo warga Dusun Desa RT 11 RW 4 Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ambruk Sabtu (4/4/2020).

Tokoh pemuda Desa Bojongkondang, Burhanudin mengatakan, hujan deras yang terjadi Jumat (3/4/2020) malam mengakibatkan benteng rumah Sarjo ambruk dan nyaris menghabiskan halaman rumahnya.

“Kejadiannya Sabtu pagi sekitar pukul 03.00 WIB, akibat kejadian ini korban mengalami kerugian jutaan rupiah,” katanya.

Longsornya TPT tersebut diduga akibat banyaknya air hujan yang menggenang di halaman rumah Surjo. Akibatnya, TPT tersebut tak kuat menahan air sehingga terjadi ambruk.

“Untuk mengantisipasi air masuk ke jalan, warga setempat langsung membersihkan material longsor, agar saluran air di jalan itu berfungsi kembali,” katanya.

Lebih lanjut Burhan mengatakan, intensitas hujan yang cukup tinggi hampir terjadi tiap hari. Untuk itu pihaknya mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, mengingat wilayah Langkaplancar merupakan daerah pegunungan dan banyak rumah yang berada di dekat tebing.

“Tingkatkan kewaspadaan mengingat musim hujan hampir terjadi tiap hari dengan intensitas yang tinggi,” pungkasnya. (Enceng/R8/HR Online)