Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarUltah Bawaslu RI ke-12, Bawaslu Kota Banjar Bagikan Masker dan Donor Darah

Ultah Bawaslu RI ke-12, Bawaslu Kota Banjar Bagikan Masker dan Donor Darah

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka HUT Bawaslu RI ke-12, Bawaslu Kota Banjar, Jawa Barat, mengadakan bhakti sosial donor darah dan pembagian masker, Kamis (9/4/2020).

Sejumlah masyarakat dan relawan Bawaslu pun turut berpartisipasi melakukan donor darah dalam kegiatan bhakti sosial tersebut.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, mengatakan, selain memperingati hari ulang tahun (HUT) Bawaslu RI, bhaksos tersebut juga untuk membangun solidaritas kebangsaan melawan pandemi Covid-19.

“Kebetulan stok darah di UDD PMI juga kosong, jadi kami berinisiatif untuk mengadakan donor darah,” kata Irfan Saeful kepada awak media.

Lanjut Irfan, selain donor darah, Bawaslu juga mengadakan do’a bersama dan pembagian masker gratis kepada warga masyarakat di sejumlah titik keramaian dan tempat publik.

Beberapa lokasi pembagian itu di antaranya Rest Area Banjar Atas dan pasar tradisional Langkaplancar, Kecamatan Langensari.

“Kita ingatkan masyarakat agar lebih waspada serta bersama-sama melakukan pencegahan Corona dengan mengikuti imbauan pemerintah dan membiasakan diri menggunakan masker,” katanya.

STok Darah Defisit

Di tempat yang sama, Humas PMI Kota Banjar, Alfan Nurrohman menambahkan, semenjak adanya kebijakan pengurangan aktivitas ruang publik, stok darah di UDD PMI Kota Banjar terus mengalami defisit.

Untuk bulan kemarin saja stok darah yang tersedia hanya sekitar 500 labu atau terpenuhi 50 persen dari jumlah kebutuhan 1000 labu per bulan.

“Sekarang hampir semua stok golongan darah sedang kosong kalaupun ada pendonor itu juga langsung kami distribusikan,” kata Alfan.

Untuk memenuhi target bulan ini, pihaknya mengajak warga masyarakat ataupun komunitas untuk melakukan donor darah dengan mendatangi langsung Kantor PMI Kota Banjar.

“Sementara ini kami hanya mengandalkan donor darah pengganti. Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya silahkan bisa datang ke Kantor Sekretariat PMI,” katanya. (Muhlisin/R7/HR-Online)