Usaha Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal Agar Cepat Panen

budidaya ikan mas
Ilustrasi budidaya ikan mas. Foto: Istimewa

Usaha budidaya ikan mas merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah. Selain kebutuhan pasarnya yang besar, budidaya ikan jenis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Ada dua jenis ikan mas yang populer di masyarakat. Masing-masing adalah ikan mas konsumsi dan jenis ikan hias. Untuk kepentingan bisnis yang ingin dijalankan tentunya pertimbangan kebutuhan pasar yang besar yang lebih menjanjikan.

Dari kedua jenis itu, ikan mas konsumsi jauh lebih besar kebutuhannya ketimbang yang jenis hias. Bahkan tak sedikit rumah makan dan restoran yang kewalahan memenuhi minat masyarakat terhadap masakan ikan mas yang lezat.

Untuk cara budidaya ikan mas jenis konsumsi juga jauh lebih mudah dibandingkan ikan mas hias. Cara beternak ikan ini tak berbeda jauh dengan ikan konsumsi lainnya, seperti ikan nila, lele, ataupun ikan gurame.

Baca juga: Potensi Bisnis Budidaya Ikan Hias yang Sangat Menjanjikan

Menjalankan usaha ternak ikan mas bisa dilakukan dengan memanfaatkan kondisi rumah yang ada. Jika modal Anda terbatas, kolam bisa dibuat dengan kain terpal. Media kolam ini juga bisa untuk area rumah yang sempit sekalipun.

Kelebihan Usaha Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Terdapat beberapa alasan mengapa sebagian orang memilih untuk budidaya ikan mas dengan menggunakan kolam terpal. Hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan.

Kelebihan menggunakan kolam satu ini diantaranya kualitas ikan yang dihasilkannya jauh lebih segar dan juga mampu menghasilkan panen dengan lebih optimal. Berikut keunggulan lain kolam terpal untuk ternak ikan mas.

Proses Pemeliharaan Ikan Lebih Terkontrol

Ikan mas termasuk jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Karena itu penting menjalankan budidaya ikan yang terkontrol pemeliharaannya. Karena itu perlu menerapkan ternak ikan dengan menggunakan kolam terpal ini.

Pakan yang terkontrol, kondisi kolam yang selalu terjaga, dan air yang selalu bersih akan membuat hasil panen ikan juga lebih berkualitas. Cara budidaya ikan mas semacam ini juga akan membuat waktu panen lebih cepat.

Mampu Menjaga Stabilitas Suhu Kolam

Ketika anda menggunakan kolam terpal sebagai tempat untuk melakukan usaha ternak ikan mas, maka hal ini juga akan menjaga stabilitas suhu air kolam akibat adanya fluktuasi.

TCL
Baca juga: Budidaya Ikan Lele, Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Hal ini dikarenakan kolam terpal memiliki sifat yang fleksibel dan juga perbedaan suhu akan dapat terkontrol dengan sendirinya ketika anda menggunakan kolam terpal ini.

Risiko Terkena Penyakit yang Rendah

Ketika anda melakukan budidaya ikan mas dengan kolam terpal, maka hal ini pun akan semakin meminimalisir dan mengurangi risiko ikan akan terkena penyakit yang disebabkan oleh hama dan gulma.

Dengan menggunakan bentuk media kolam ini, maka nantinya tidak akan terjadi penumpukan kotoran ikan yang akan menjadi penyebab kualitas air di kolam menjadi kotor dan menurun.

Kualitas Ikan Mas Yang Lebih Segar

Menjalankan usaha budidaya ikan mas dengan menggunakan kolam terpal juga akan bisa meningkatkan hasil panen ikan yang lebih segar dan lebih baik. Proses pemeliharaan yang terkontrol membuat ikan lebih terpantau perkembangannya.

Dibandingkan ternak ikan di kolam tanah akan menyebabkan ikan juga lebih berbau tanah. Sedangkan menggunakan media terpal bau tanah pada hasil panen ikan bisa diminimalkan dan ikan lebih segar.

Baca juga: Tips Sukses Budidaya Ayam Kampung dengan Modal Kecil

Mempermudah Proses Panen

Kelebihan lain melakukan usaha budidaya ikan mas di kolam terpal adalah ketika musim panen tiba. Bentuk kolam ini akan membuat mudah untuk mengelola hasil panennya.

Hal ini dapat terlihat saat proses penjaringan ikan hingga proses pengeringan, anda hanya membutuhkan waktu satu jam saja. Tentu saja cara ini pun akan menghemat waktu anda dalam menjalankan usaha ternak ikan mas.

Demikianlah berbagai kelebihan menerapkan cara budidaya ikan mas dengan kolam terpal. Bahkan media kolam ini tak membutuhkan modal lebih besar dbandingkan kolam beton atau tanah. (R9/HR-Online)

Loading...