Vaksin Virus Corona yang Sedang Diuji Klinis di WHO, Apa Saja?

vaksin virus corona
Ilustrasi vaksin virus corona. Foto: Istimewa

Penelitian untuk menemukan vaksin virus corona dilakukan berbagai negara menyusul makin meluasnya pandemi penyakit menular ini. Vaksin corona diharapkan akan berfungsi preventif dalam mencegah penyakit berbahaya ini.

Badan kesehatan dunia WHO saat ini juga tengah meneliti dan mengembangkan berbagai jenis vaksin yang diharapkan mampu mereduksi penularan virus ini. Tak tanggung-tanggung, ada 70 lebih vaksin yang sedang diteliti.

Vaksin memiliki fungsi berbeda dibandingkan obat virus Corona yang juga sedang dikembangkan WHO. Jika obat covid 19 untuk mengobati pasien yang telah terinfeksi, vaksin berfungsi melindungi tubuh terhadap serangan virus ini.

Dalam keterangan resminya, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengaku pihaknya telah melibatkan para ilmuwan di seluruh dunia untuk menemukan vaksin yang efektif dalam mengatasi penyakit ini.

“Penelitian terhadap vaksin virus corona akan menjadi langkah paling efektif dalam mencegah sekaligus menghentikan penularan penyakit Covid-19,” dalam keterangannya yang disiarkan melalui laman resmi WHO.

Menurut data terakhir WHO, hingga saat ini tak kurang dari 1.923 juta orang yang tersebar di 200 negara telah terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu yang telah meninggal dunia mencapai 119 ribu orang.

Australia Uji Coba Vaksin TBC sebagai Vaksin Virus Corona

Sebelum membahas berbagai jenis vaksin virus Corona yang sedang diteliti para ilmuwan di seluruh dunia, sebuah laporan menyebutkan bahwa Australia juga tengah menguji efektivitas vaksin TBC dalam mencegah penyakit Corona.

Vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG) dibuat untuk melindungi tubuh terhadap penyakit TBC yang diakibatkan bakteri yang menyerang paru-paru. Vaksin ini juga dimanfaatkan untuk mengatasi kanker kandung kemih.

Baca juga: Gejala Baru Corona Bintik Merah dengan Rasa Gatal yang Berlebihan

Riset dilakukan oleh SAHMRI, sebuah Lembaga Penelitian Kesehatan dan Medis Australia Selatan. Penelitian yang didukung WHO ini melibatkan ratusan tenaga medis yang diberikan vaksin ini untuk meningkatkan kekebalannya saat menangani pasien Covid 19.

Sebelumnya SAHMRI telah melakukan uji klinis terhadap efek vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG). Hasilnya, vaksin ini ampuh meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi TBC. Cara kerja serupa diharapkan bisa meningkatkan kekebalan terhadap virus corona.

“Hasil percobaan ini akan sangat berguna dalam mencegah penyakit COVID-19 maupun penyakit yang diakibatkan virus lain di masa depan,” kata Profesor Steven Wesselingh, Direktur Eksekutif SAHMRI.

Daftar Vaksin Virus Corona yang Dikembangkan WHO

Untuk mengenal lebih jauh vaksin yang sangat ditunggu dunia ini, laman Clinical Trials Arena yang fokus pada proses riset dan pengembangan obat memiliki data jenis vaksin virus corona yang tengah dikembangkan para ilmuwan.

Vaksin Fusogenix DNA

Vaksin Fusogenix DNA sedang dikembangkan oleh Entos Pharmaceuticals dengan meneliti protein yang berasal dari SARS-CoV-2. Protein inilah yang distimulasi untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam mencegah infeksi virus Corona.

Vaksin Altimmune

Altimmune adalah perusahaan biofarmasi AS yang tengah mengembangkan vaksin intranasal untuk mencegah Covid 19. Saat ini penelitian vaksin virus Corona ini memasuki tahap uji coba pada hewan sebelum untuk manusia.

Vaksin Coronavirus Medicago

Sebuah antibodi guna mencegah serangan virus Corona juga sedang dikembangkan perusahaan Medicago. Penelitian yang didanai oleh Canadian Institutes for Health Research (CIHR) ini juga melibatkan para ilmuwan dari Laval University.

ChAdOx1 nCoV-19

Oxford University juga tengah mengembangkan vaksin virus Corona yang diberi nama ChAdOx1 nCoV-19. Saat ini lembaga ini akan melakukan uji klinis yang melibatkan 510 relawan di daerah Thames Valley.

Baca juga: Gejala Ringan Terinfeksi Virus Corona Menurut Penelitian Terbaru, Jangan Diabaikan!

INO-4800

Beijing Advaccine Biotechnology bekerja sama dengan Inovio Pharmaceuticals juga sedang menguji vaksin INO-4800. Saat ini sudah memasuki tahap uji pra-klinik dengan mendistribusikannya ke China, Korea Selatan, dan Amerika.

Vaksin Lainnya

Selain yang telah disebutkan di atas, ada puluhan vaksin lainnya yang juga sedang dikembangkan para ilmuwan di seluruh dunia. Hasil uji klinis umumnya sedang berlangsung dan diharapkan bisa selesai akhir bulan April 2020 ini.

Demikianlah informasi terkini tentang beragam jenis vaksin virus Corona yang sedang dikembangkan WHO bersama para ilmuwan. Kebutuhan yang mendesak akibat pandemi yang masif ini menuntut kerja keras untuk membuahkan hasil menggembirakan. (R9/HR-Online)

Loading...