Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisWarga Cipaku Ciamis Minta Pemerintah Terbuka Terkait Wilayah Penyebaran Covid-19

Warga Cipaku Ciamis Minta Pemerintah Terbuka Terkait Wilayah Penyebaran Covid-19

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga di wilayah Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, meminta agar Pemkab Ciamis melalui dinas terkait, untuk memberikan informasi wilayah penyebaran wabah Covid-19.

Tokoh masyarakat Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Usman Ali, mengatakan, bahwa informasi tersebut untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, terhadap adanya penyebaran wabah virus Corona.

“Lebih baik pemerintah jangan menutup-nutupi, karena orang yang terpapar virus Corona bukan aib,” katanya kepada HR Online, Sabtu (11/4/2020).

Menurut Usman, kalau masyarakat tahu di wilayah desa atau kecamatan ada yang terpapar atau positif Corona, maka dengan sendirinya masyarakat akan selalu dan lebih berhati-hati, serta mengikuti protokoler atau imbauan dari pemerintah.

Hal senada dikatakan Hasan, warga lainnya. Menurutnya, seharusnya pemerintah terbuka memberikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang wilayah penyebaran wabah Covid-19.

“Tujuannya agar masyarakat tahu daerah mana yang sudah terjangkit Covid-19,” ucapnya.

Dengan cara itu, sambungnya, masyarakat bisa berhati-hati bahkan akan lebih baik. Sebab, selain tidak akan pergi ke daerah zona merah, juga memudahkan apabila ada tamu dari daerah zona merah itu untuk diperiksa dan berhati-hati.

Muslih, warga Desa Salacai mengaku sangat setuju jika data wilayah penyebaran wabah Covid-19 dibuka.

Selain itu, kata Muslih, pemerintah juga wajib dan perlu mengedukasi masyarakat terlebih dahulu, tentang sikap terhadap penderita dan keluarga positif Corona. (Edji/R5/HR-Online)