Warga Keluhkan Tugu Perbatasan Ciamis-Pangandaran Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

Tugu Perbatasan Ciamis
Tugu Perbatasan Ciamis-Pangandaran yang jadi sasaran aksi vandalisme. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemuda Banjarsari menyayangkan aksi vandalisme yang memenuhi tugu perbatasan Kabupaten Ciamis-Pangandaran. Aksi tersebut selain merusak keindahan pemandangan, juga bangunan yang dibangun pemerintah.

Dido, salah satu pemuda, mengatakan, tugu perbatasan tersebut sudah seharusnya dijaga dengan baik oleh semua pihak, apalagi tugu tersebut merupakan pintu gerbang Ciamis dari arah Pangandaran yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Kami sangat menyayangkan akan perilaku seperti ini. Seharusnya sebuah tugu itu di buat indah agar menjadi sebuah tugu yang bisa memanjakan pemandangan mata. Apalagi tugu ini merupakan sebuah ciri wilayah itu sendiri,” terang Dido kepada HR Online, Kamis (02/04/2020)

Dido berharap agar para pemuda bisa lebih bijak dalam mengekspresikan sebuah karyanya. 

Vandalisme, kata Dido, sebenarnya bisa menjadi nilai seni yang tinggi jika diterapkan di lokasi tertentu. Namun tidak dengan diterapkan di sebuah tugu yang mempunyai nilai sejarah atau nilai utama dari sebuah wilayah.

“Kami harap agar pemerintah bisa mengganti cat tugu tersebut serta memasang larangan yang disertai sanksi tegas,” pungkasnya.

Pantauan HR Online di lapangan, kedua bagian bangunan tugu perbatasan antara Kabupaten Ciamis dengan kabupaten Pangandaran yang berada di Desa Ciulu Kecamatan Banjarsari saat ini banyak terdapat tulisan vandalisme yang membuat tugu terlihat kotor dan jauh dari sebuah kata indah. (Suherman/R6/HR-Online)

Loading...