Warga Rampungkan Jembatan Cibuyut Penghubung Dua Dusun di Cijeungjing Ciamis

Jembatan Cibuyut
Meski dengan anyaman bambu, namun kini jembatan Cibuyut yang menjadi penghubung antara dusun, di Desa Kertabumu dan Dusun Sukalena, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijengjing, Kabupaten Ciamis, bisa dilalui oleh warga. Foto : Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jembatan Cibuyut yang menjadi penghubung antara dusun, di Desa Kertabumu dan Dusun Sukalena, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijengjing, Kabupaten Ciamis, kini bisa dilalui oleh warga.

Sebelumnya, jembatan tersebut rusak parah sehingga tidak bisa dilalui. Setelah selesai diperbaiki meski hanya dengan ayaman bambu, jembatan Cibuyut kembali bisa diakses warga.

Salah seorang warga di dusun tersebut, Adang, kepada HR Online mengatakan, perbaikan jembatan tersebut dilakukan secara gotong royong.

“Supaya jembatan bisa dilalui kembali, maka kami bersama warga secara swadaya memperbaikinya,” kata Adang, Jum’at (24/4/2020).

Adang mengungkapkan, untuk memperbaiki jembatan tersebut warga dari kedua desa itu habiskan waktu sebulan lebih. “Karena target kami, jembatan bisa beres sebelum datangnya bulan puasa sekarang,” ungkapnya.

Dijelaskannya, yang lama dalam memperbaiki jembatan Cibuyut, karena harus menunggu pondasi mengering terlebih dahulu. Supaya tali seling sebagai penopang bisa kuat, sebab jembatan ini seperti jembatan gantung.

Sedangkan untuk alas jembatan menggunakan bambu yang dianyam, sehingga tidak lama pembuatannya.

“Setelah itu, kita letakan pada seling yang sudah diterpasang dari ujung ke ujung, dan ayaman bambu tersebut diperkuat juga dengan tali dari kawat,” jelasnya.

Dirinya bersama warga lain berterima kasih kepada para dermawan yang sudah membantu untuk memperbaiki jembatan Cibuyut ini. Sehingga, kini jembatan bisa dilalui warga setiap hari, terlebih warga yang akan bertani ke sawah.

Menurutnya, meski hanya jembatan dari bambu, tapi keberadaanya sangat dibutuhkan dan dapat dimanfaatkan warga setiap hari.

Terlebih, katanya, di lokasi sungai tersebut banyak ladang pesawahan dan juga kolam milik warga dari kedua desa. Sehingga dengan adanya jembatan lebih mempermudah untuk menjangkau lokasi.

“Mudah-mudahan Pemkab Ciamis ke depan, bisa membangun jembatan Cibuyut ini secara paten dengan pondasi yang kuat. Supaya warga yang melintas tidak was-was seperti sekarang,” pungkasnya. (Es/R5/HR-Online)