Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranWarga Terdampak Normalisasi Sungai Cikidang Pangandaran Dapat Ganti Rugi Rp 4,3 Miliar

Warga Terdampak Normalisasi Sungai Cikidang Pangandaran Dapat Ganti Rugi Rp 4,3 Miliar

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga terdampak normalisasi Sungai Cikidang, Kabupaten Pangandaran mendapatkan ganti rugi Rp 4,3 miliar, Jum’at (3/4/2020).

Gantu rugi diberikan langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata didampingi Ketua DPRD Pangandaran, Asep Noordin, bersama sejumlah pejabat Pemkab Pangandaran.

Jeje mengatakan, proyek normalisasi Cikidang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, namun untuk dana ganti rugi tidak termasuk anggaran dari Pemprov.

“Akhirrnya diputuskan untuk ganti rugi kepada warga yang terdampak berasal dari alokasi anggaran dalam APBD Kabupaten Pangandaran,” kata Jeje.

Kebijakan itu diambil lantaran, Pemkab Pangandaran mengerti jika masyarakat menginginkan adanya ganti rugi, tak peduli dari mana ganti rugi tersebut berasal.

“Masyarakat terdampak normalisasi sungai Cikidang, yaitu yang lahannya terpakai untuk normalisasi tidak akan mau tahu apakah ganti rugi dari Kabupaten Provinsi, mereka hanya ingin ganti rugi,” lanjut Jeje.

Besaran uang yang diterima warga berbeda-beda, tergantung luas lahan yang digunakan untuk normalisasi sungai. Warga terdampak normalisasi Sungai Cikidang rata-rata menerima Rp 500 ribu sampai Rp 100 juta.

Jeje juga menyarankan masyarakat yang menerima dana ganti rugi agar melakukan pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Pemerintah sudah mengimbau agar warga Pangandaran rajin mencuci tangan dan melakukan perilaku hidup sehat dan bersih,” katanya.

Menurut Jeje, salah satu upaya untuk mencegah terpapar Covid-19 adalah dengan memutus mata rantai penularannya.

“Kami imbau agar masyarakat tetap tinggal di rumah sementara sampai kondisinya aman dari ancaman wabah Covid-19,” tandasnya. (Ceng2/R7/HR-Online)

- Advertisment -