10 Makanan Penyebab Kista Ovarium Yang Wajib Dihindari Ini Ternyata Disukai Banyak Orang

10 Makanan Penyebab Kista Ovarium Yang Wajib Dihindari Ini Ternyata Disukai Banyak Orang
10 makanan penyebab kista ovarium yang wajib dihindari ini ternyata disukai banyak orang. Foto:Ist/Net

Waspada, ada banyak makanan penyebab kista ovarium yang ternyata sering kita konsumsi. Selain itu faktor penyebab kista lainnya juga perlu dihindari dengan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Dalam struktur rahim, wanita mempunyai dua buah ovarium atau indung telur yang letaknya ada di sebelah kanan dan kiri rahim. Sel telur wanita akan keluar dari ovarium. Namun keberadaan kista bisa mengganggu fungsi ovarium.

Semua wanita secara alamiah memiliki kista dalam tubuhnya. Namun ada dua jenis kista ovarium, yaitu kista fungsional dan kista patologis. Kista fungsional akan lenyap seiring siklus menstruasi yang dialami wanita.

Sedangkan jenis kista patologis diketahui memiliki sel abnormal yang bisa berkembang menjadi kanker. Apalagi jika Anda sering mengonsumsi makanan penyebab kista ovarium. Namun kista ini juga termasuk jenis tumor jinak yang bisa disembuhkan.

Namun ada sejumlah gejala yang patut dicurigai sebagai gangguan kista. Seperti terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur, kesulitan untuk buang air besar atau air kecil, atau darah menstruasi yang lebih banyak dari biasanya.

Begitu juga jika muncul nyeri saat berhubungan suami istri atau munculnya rasa nyeri di bagian tulang panggul. Jika gejala ini timbul segera periksakan ke dokter untuk memastikannya.

Ini Dia Daftar Makanan Penyebab Kista Ovarium

Pola hidup dengan makanan sehat merupakan langkah antisipatif agar terhindar dari kanker. Nah, berikut ini berbagai jenis makanan penyebab kista ovarium yang sebaiknya dihindari.

1. Daging Merah

Tak sedikit riset yang menemukan dampak buruk konsumsi daging merah secara berlebihan terhadap risiko kista ovarium. Selain mengandung kolesterol yang tinggi, daging ini juga memicu pertumbuhan sel asing dalam kista.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau junkfood tak hanya buruk bagi tubuh namun ini juga merupakan makanan penyebab kista ovarium yang harus dihindari. Fast food mengandung kolesterol tinggi, lemak jenuh, dan bahan pengawet.

3. Makanan Kemasan Plastik

Kemasan plastik sudah lama dikhawatirkan memicu banyak penyakit, termasuk kista ovarium. Karena itu hindari makanan kemasan plastik. Penggunaan gelas atau piring plastik di rumah sebaiknya juga dihindari.

4. Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh juga tidak baik dan menjadi salah satu makanan yang harus dihindari agar tidak terkena kista ovarium. Makanan dari daging unggas, minyak sayur, mayones, maupun produk olahan susu mengandung tinggi lemak jenuh yang harus dihindari.

5. Buah Nanas

Nanas termasuk jenis buah yang dikenal tajam untuk pencernaan. Terlebih jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Karena itu buat Anda yang menderit kista sebaiknya hindari buah ini agar tidak semakin parah.

6. Buah Durian

Dibalik aromanya yang menyengat, banyak orang yang menyukai durian. Namun siapa sangka durian juga termasuk makanan penyebab kista ovarium. Batasi konsumsinya atau sebaiknya hindari agar terhindar dari kista.

7. Buah Nangka

Meskipun dikenal kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan, namun mengonsumsi nangka dalam jumlah banyak bisa berbahaya untuk wanita. Kandungannya bisa merangsang tumbuhnya kista ovarium.

8. Makanan Gorengan atau Dibakar

Minyak dan karbon yang timbul setelah proses pemasakan bisa menjadi makanan penyebab kista ovarium. Selama ini makanan yang dibakar atau digoreng juga meningkatkan risiko penyakit kanker.

9. Minuman Bersoda

Minuman bersoda termasuk produk populer yang disukai banyak orang. Namun dibalik kenikmatannya, tingginya kandungan gula minuman ini meningkatkan risiko terhadap obesitas dan merangsang pertumbuhan kista ovarium.

10. Alkohol

Selain dikenal memabukkan dan merusakan kesehatan tubuh, minuman beralkohol juga dapat memicu naiknya kadar estrogen dalam tubuh. Jika konsumsi berlangsung lama bisa menyebabkan kista ovarium.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab kista ovarium yang sebaiknya dikenali dan dihindari. Terlebih untuk Anda yang pernah mengalami gangguan kista, sebaiknya berpantang dengan berbagai makanan di atas. (R9/HR Online)