Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita Ciamis12 Kamar Kos di Ciamis Ludes Terbakar

12 Kamar Kos di Ciamis Ludes Terbakar

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- 12 kamar kos di lingkungan Kota Kidul, RT 02 RW 09, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jumat (15/5/2020) malam, sekitar pukul 23.45 WIB.

Ketua RW 09 Lingkungan Kota Kidul, Dodi Suparto mengatakan, kebakaran terjadi diduga lantaran meledaknya tabung gas dari salah satu kamar kontrakan.

“Katanya ada yang lagi masak tahu, lupa tidak dipadamkan, hingga tabung gasnya meledak,” ujar Dodi.

Kata dia, 12 kamar kos yang terbakar tersebut dihuni oleh 10 kepala keluarga (KK). Mereka adalah Uju, Ohim, Apuy, Lili, Engkar, Suryana, Momon, Yadi, Aweng, Bewok.

“Kebanyakan penghuni kosan merupakan pedagang kaki lima (PKL) di Alun-alun dan taman lokasana,” katanya.

Beruntung saat kejadian, para penghuni kos kebanyakan sedang berjualan dan tidak berada di rumah. Namun beberapa penghuni kos sempat histeris karena kebakaran tersebut.

Warga yang mengetahui adanya kebakaran, membangunkan penghuni kosan. “Alhamdulillah, penghuni kosan bisa menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi,” ucapnya.

Lanjut Dodi, warga pun langsung bahu membahu mencoba memadamkan api. Tak berselang lama, petugas pemadam kebakaran datang ke TKP.

Namun, karena lokasi yang berada di lingkungan gang, menyulitkan mobil damkar sampai ke TKP. “Api baru bisa dipadamkan beberapa saat kemudian, sayangnya barang-barang yang ada di rumah tidak ada yang bisa di selamatkan, kerugian ditaksir mencapai Rp 20 Juta,” ungkap Dodi.

Sementara itu, Kepala Seksi Logistik BPBD Ciamis Memet Hikmat membenarkan adanya kejadian kebarakan di lingkungan Kota Kidul Kelurahan Ciamis. Pihaknya pun langsung datang ke lokasi kejadian.

“Petugas damkar, BPBD dan warga bahu membahu memadamkan api. Setelah 45 menit,  api baru bisa padam,” katanya.

BPBD pun memberikan bantuan mendesak untuk para korban seperti sembako, makanan siap saji, matras, selimut, pakaian layak pakai dan paket sandang lainnya. (Fahmi/R8/HR Online)

- Advertisment -