13 Makanan Penyebab Nyeri Sendi Yang Wajib Dijauhi

13 Makanan Penyebab Nyeri Sendi Yang Wajib Dijauhi
13 makanan penyebab nyeri sendi yang wajib dijauhi. Foto:Ist/Net

Ternyata ada sejumlah makanan penyebab nyeri sendi sering kita konsumsi. Karena itu mengenal berbagai faktor penyebab nyeri sendi tentunya sangat baik agar bisa dihindari dan tidak membuat kita menderita.

Nyeri sendi merupakan gangguan yang terjadi pada bagian sendi tubuh. Gangguan ini menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang sangat mengganggu. Baik kondisinya ringan hingga berat, maupun sebentar atau berlangsung lama.

Gejala nyeri sendi yang umumnya dirasakan antara lain peradangan atau bengkak pada sendi, sakit saat digerakkan, saat disentuh terasa hangat, dan kadang menimbulkan demam.

Daftar Makanan Penyebab Nyeri yang Perlu Dikenali

Sebenarnya belum ada bukti dampak langsung konsumsi makanan terhadap terjadinya nyeri sendi. Namun untuk kondisi tubuh yang berbeda, sejumlah makanan penyebab nyeri sendi sebaiknya dihindari. Berikut daftarnya.

1. Minuman Bersoda

Konsumsi secara berlebihan minuman bersoda bisa menyebabkan gangguan pada sendi dan arthritis. Minuman instan ini juga dinilai lebih banyak merugikan kesehatan sehingga lebih baik dihindari.

2. Makanan Cepat Saji

Fast food juga termasuk salah satu panganan penyebab nyeri sendi dan rematik yang sebaiknya diwaspadai. Tingginya kandungan lemak makanan cepat saji juga tidak baik untuk jantung maupun kesehatan tubuh.

3. Bahan Pengawet Makanan

Makanan yang dibuat dengan tambahan bahan pengawet makanan juga dapat menyebabkan nyeri sendi. Tak sedikit makanan kemasan yang banyak dijual tidak menyebutkan bahan ini sehingga bisa merugikan konsumen.

4. Daging Olahan

Kandungan protein dan lemak yang terdapat dalam daging hewan olahan juga merupakan makanan penyebab nyeri sendi. Konsumsi berlebihan daging juga bisa memicu gangguan rematik sehingga perlu dijauhi atau dibatasi jumlahnya.

5. Garam

Garam merupakan bahan yang banyak digunakan untuk memasak maupun makanan instan yang banyak dijual. Ternyata, konsumsi berlebihan garam bisa menyebabkan sendi mengalami nyeri dan sakit.

6. Makanan Gorengan

Buat Anda yang senang dengan makanan gorengan sebaiknya batasi konsumsinya dan jangan berlebihan. Camilan ini ternyata juga bisa memicu peradangan dan gangguan pada sendi.

7. Olahan Susu

Makanan penyebab nyeri sendi yang juga harus diwaspadai adalah semua produk olahan susu. Meskipun bergizi tinggi, konsumsi berlebihan makanan ini bisa memicu peradangan. Sebagai gantinya sebaiknya pilih protein nabati.

8. Minyak Jagung

Penggunaan minyak jagung juga harus dibatasi karena tingginya kandungan asam lemak. Selain bisa menyebabkan peradangan sendi, konsumsi secara berlebihan minyak ini juga tidak baik untuk tubuh.

9. Permen

Permen sering pula disebut gula-gula karena kandungan gulanya yang tinggi. Selain tidak baik untuk kesehatan, permen juga merupakan makanan penyebab nyeri sendi karena banyak menggunakan pemanis buatan.

10. Buah Tomat

Buah berbentuk imut ini terkenal dengan kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh. Namun bahwa penderita asam urat dan arthritis sebaiknya menghindari buah sayuran ini karena bisa memicu nyeri sendi kambuhan.

11. Tepung terigu

Tepung terigu merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat roti dan kue. Tepung ini juga termasuk makanan penyebab nyeri sendi yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya.

12. Kuning Telur

Bagian kuning telur juga diketahui mengandung lemak tinggi yang sebaiknya dihindari Anda yang menderita rheumatoid arthritis. Anda bisa memanfaatkan bagia putih telur karena lebih aman terhadap risiko nyeri sendi.

13. Kopi

Buat Anda yang gemar minum kopi sebaiknya batasi konsumsinya. Minum kopi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan nyeri sendi. Anda bisa minum teh biasa atau teh hijau untuk variasinya.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab nyeri sendi yang wajib dikenali. Menjauhi makanan ini, atau setidaknya dibatasi jumlah konsumsinya, bisa mencegah nyeri dan peradangan pada sendi. (R9/HR Online)