7 Masker Wajah Alami Terbaik yang Cocok untuk Jenis Kulit Kita

7 Masker Wajah Alami Terbaik yang Cocok untuk Jenis Kulit Kita
7 masker wajah alami terbaik yang cocok untuk jenis kulit kita. Foto:Ist/Net

Ada banyak masker wajah alami yang sangat berguna untuk perawatan kulit wajah. Dengan bahan-bahan alami untuk masker wajah, Anda bisa menghemat banyak uang ketimbang membeli produk kosmetik untuk wajah.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan beragam buah, sayuran, dan herbal yang berkhasiat obat. Sehingga sangat baik untuk siapa saja yang berkantong pas-pasan ketimbang membeli produk masker wajah yang mahal.

Bahan buah, sayuran, ataupun herbal sangat kaya dengan kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah dan tubuh. Anda sesuaikan jenis masker wajah alami untuk kulit berminyak, kulit kering, atau untuk kulit kusam.

Ragam Masker Wajah Alami dan Cara Membuatnya

Nah buat Anda yang ingin memiliki kulit wajah yang cantik alami dengan biaya yang rendah kenapa tidak membuatnya sendiri. Anda bisa memilih dan membeli bahan-bahan di pasar dan menyesuaikan dengan jenis kulit anda.

Lantas apa saja macam masker wajah itu dan bagaimana pula cara membuat masker wajah alami tersebut? Yuk simak berikut ini.

1. Masker Putih Telur Oat

Bagian putih telur diketahui kaya dengan protein dan nutrisi penting untuk kulit. Manfaat putih telur diantaranya bisa mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan menyuplai kebutuhan nutrisi bagi kulit. Namun romanya mungkin sedikit amis ya.

Untuk membuat masker wajah alami dengan putih telur tinggal campurkan bagian putih telur ayam dengan oat dan aduk rata. Oleskan pada wajah lalu diamkan 20 menit agar nutrisinya meresap ke kulit baru dibilas air.

2. Masker Alpukat Madu

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan kenyal, masker wajah dengan menggunakan alpukat bisa menjadi alternatif terbaik. Nutrisi buah diet ini juga sangat efektif untuk kulit tubuh.

Untuk membuatkan tinggal kerok saja buah alpukat dan lumatkan dengan ditambahkan sedikit air panas dan madu. Setelah halus langsung oleskan pada wajah dan diamkan 10 menit sebelum dibilas air.

3. Masker Yoghurt dan Lemon

Masker wajah alami yang dibuat dari yoghurt dan air perasan jeruk lemon juga sangat efektif untuk perawatan wajah cantik. Masker ini banyak digunakan wanita Turki dalam merawat wajah dan kulit tubuh.

Untuk cara membuat masker wajah ini tinggal campurkan yoghurt dengan air perasan lemon lalu aduk rata. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan sebentar sebelum dibilas.

4. Masker Tomat

Masker wajah alami lainnya yang juga sangat baik untuk perawatan wajah adalah tomat. Tanpa perlu dicampurkan dengan bahan lainnya, cara menggunakannya cukup simpel.

Tinggal potong buah tomat dan oleskan pada wajah. Anda juga bisa memblendernya tanpa air dan mengoleskannya pada wajah. Diamkan sebentar sebelum dibilas.

5. Masker Kopi untuk Wajah

Kandungan kafein dalam kopi ternyata berkhasiat dalam mengatasi peradangan kulit dan membuatnya lebih halus. Untuk membuatnya, haluskan biji kopi dan campurkan dengan yogurt dan aduk rata. Setelah itu tinggal oleskan pada wajah.

6. Masker Pisang Madu

Buah pisang dikenal kaya vitamin C, biotin, kalium, dan mangan yang sangat dibutuhkan kulit. Buah ini sangat baik dijadikan sebagai masker wajah alami untuk kulit kering agar lebih lembab dan bercahaya.

Untuk cara membuatnya tinggalkan haluskan buah pisang dan campurkan dengan madu dan air perasan lemon. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan sebentar sebelum dibilas. Lakukan secara rutin untuk hasil yang efektif.

7. Masker Kunyit Lidah Buaya

Kunyit bukan hanya untuk menyedapkan masakan. Rempah ini juga diketahui mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan kulit tubuh. Karena itu  bahan ini baik sebagai masker wajah untuk jerawat dan noda hitam.

Untuk cara membuat masker kunyit tinggal parut kunyit yang telah dikupas lalu tambahkan dengan madu dan gel lidah buaya. Setelah tercampur lembut lalu oleskan pada wajah. Diamkan sekitar 10 menit sebelum dibilas.

Itulah beberapa jenis masker wajah alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan alami yang kaya nutrisi untuk kulit, Anda perlu melakukannya secara rutin agar hasilnya efektif. (R9/HR Online)

Loading...